Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Contextual Teaching And Learning (CTL)

Ayuk Febriana, Sutansi Sutansi, Alif Mudiono

Abstract


Abstrak: Permasalahan yang dialami siswa dalam menulis puisi adalah belum diketahuinya langkah dan cara menulis puisi. Hal tersebut berdampak pada hasil keterampilan siswa yang rendah. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari 4 tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL dapat meningkatkan hasil keterampilan siswa dalam menulis puisi.


Kata kunci: peningkatan hasil keterampilan, menulis puisi, model ctl


Keywords


peningkatan hasil keterampilan, menulis puisi, model ctl

Full Text:

PDF

References


Anitah W, Sri. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, S, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Haryadi, & Zamzani. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia.

Jakarta: Depdikbud.

Pribadi Betty Rosmalina. 2011. Skripsi Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas 5 SDN Ketawang Gede. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.

Riyanto. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Roestiyah. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Rosdiana, dkk. 2009. Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rumidjan. 2013. Dasar Keilmuan dan Pembelajaran Sastra Anak SD. Malang: Universitas Negeri Malang.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v26i22018p036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ayuk Febriana, Sutansi Sutansi, Alif Mudiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats