BANTUAN PERENCANAAN DAN PEMBUATAN JAMBAN SEHAT UNTUK MUSHOLLA AL-AMIIN DUSUN BADUT KELURAHAN KARANGBESUKI KECAMATAN SUKUN KOTA MALANG

Karyadi Karyadi Karyadi

Abstract


Musholla Al-Amiin terletak di Dusun Badut Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun Kota Malang. Sejak tahun 2018 musholla tersebut disamping digunakan untuk shalat berjamaah juga digunakan untuk kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nurul Huda dan parenting orangtua murid. Bertambahnya jumlah orang yang mengikuti kegiatan di musholla dengan durasi waktu yang lebih panjang (kurang lebih tiga jam perhari) menyebabkan timbulnya kebutuhan jamban. Untuk itu dilakukan pembuatan jamban sehat untuk musholla tersebut melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Disamping itu jamban sehat tersebut juga dapat digunakan untuk percontohan bagi warga sekitar musholla yang berminat membuat. Kegiatan yang telah dilakukan untuk mencapai tujuan di atas adalah: (1) Membuat gambar rencana jamban sehat, (2) Menghitung volume pekerjaan pembuatan jamban sehat, (3) Menghitung Rencana Anggaran Biaya pembuatan jamban sehat, (4) Membuat jamban sehat. Kegiatan (1) sampai (3) dilakukan oleh Tim pelaksana Pengabdian pada Masyarakat Universitas Negeri sedangkan kegiatan (4) dilakukan bersama-sama antara Tim pelaksana Pengabdian pada Masyarakat Universitas Negeri Malang dengan Jamaah Musholla Al-Amin. Hasil kegiatan ini berupa dokumen gambar rencana, perhitungan anggaran biaya, dan fisik bangunan jamban sehat.

 

Kata kunci: Jamban, Musholla, Pembuatan, Perencanaan


Full Text:

PDF

References


Badan Standardisasi Nasional. (2013). SNI 2398-2017: Tata cara perencanaan tangki septik dengan pengolahan lanjutan (sumur resapan, bidang resapan, up flow filter, kolam sanita).

Sudarmadji dan Hamdi. (2013). Tangki Septik dan Peresapannya Sebagai Sistem Pembuangan Air Kotor di Permukiman Rumah Tinggal Keluarga. Pilar Jurnal Teknik Sipil, 9(2):134-142.

Wibowo, A. dan Al-Rasyid, P. H. (2013) Penyuluhan Sumur Resapan dan Sanitasi untuk Edukasi Lingkungan Sehat Sesuai Standar Kesehatan pada Masyarakat. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(1):56-62

Wibowo, dkk (Ed) (2007) Standard Toilet Umum Indonesia ”Kering itu Sehat“ (Gerakan Nasional Standarisasi Toilet Umum Indonesia), Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um080v2i12021p23-29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats