JENIS DAN FAKTOR KESULITAN BELAJAR MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK MAHASISWA JURUSAN SASTRA INDONESIA UM

Bella Wahyu Wijayanti

Abstract


Tujuan penelitian ini mendeskripsikan jenis dan faktor kesulitan belajar menulis naskah drama satu babak karya mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia UM angkatan 2015 dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.  Data yang digunakan ada dua, yakni: (a) informasi pada angket, serta (b) dialog dan deskripsi dalam naskah drama drama.  Hasil dari penelitian ini mencakup dua hal, yakni jenis kesulitan belajar yang dominan muncul adalah kesulitan menggarap dialog serta faktor  kesulitan belajar yang dominan adalah faktor keterampilan menulis.

Kata Kunci: kesulitan belajar menulis, naskah drama

The purpose of this study is to describe the types and factors of difficulty learning to write a one-round drama script by students of the Indonesian Literature Department UM in 2015 using a qualitative descriptive approach. The data used are two, namely: (a) information on the questionnaire, and (b) dialogue and descriptions in drama drama scripts. The results of this study include two things, namely the type of learning difficulties that predominantly arise is the difficulty of working on dialogue and the dominant factor of learning difficulties is the writing skills factor.

Keyword: difficulty learning writing, drama script


Full Text:

PDF

References


Aminuddin. (2014). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Basrowi&Iskandar. (2012). Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Bandung: Karya Putra Darwati.

Dewi, Ni P.E.F., Martha, I.N., dan Wendra, I.W. (2016). Kesulitan Belajar Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IXC SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 5 (03): 1-12, (Online), (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/8619), diakses 12 Januari 2019.

Pratiwi, Y &Siswiyanti, F. (2014). Teori Belajar dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.

Suroso. (2015). Drama: Teori dan Praktik Pementasan. Yogyakarta: Elmatera.

Tanpa Nama. 2018. Namamia, (Online), (https://namamia.com/nama-bayi/kusuma.html), diakses 01 Februari 2019.

Umar, A. (2017). Sumber Belajar Penunjang PLPG Mata Pelajaran/Paket Keahlian Bahasa Indonesia (Bab V Teori dan Genre Sastra), (Online), (https://www.usd.ac.id/fakultas/pendidikan/f1l3/PLPG2017/Download/materi/bindo/BAB-V-Teori-dan-Genre-Sastra-Indonesia.pdf), diakses 7 Desember 2018.

Yasin, Z. (2013). Efektivitas Pengembangan Ranah Afektif Melalui Penggunaan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ilmu Tarbiyah, (Online), 2 (2): 257-274, (https://dokumen.tips/documents/zohra-yasin-efektivitas-pengembangan-ranah-afektif-melalui-penggunaan-teknologi.html), diakses 27 Januari 2019.

Yeni, E.M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, (Online), 2 (2): 1-10, (https://media.neliti.com/media/publications/71281-ID-kesulitan-belajar-matematika-di-sekolah.pdf) diakses 15 November 2018.

Yuliani, S. (2014). Problematika Siswa Kelas VIII Dalam Menulis Naskah Drama Di SMP Negeri 01 Pondok Kelapa Bengkulu Tengah. Tesis tidak diterbitkan. Bengkulu: FKIP UNIB.

Yunus, S. (2018). Menulis Kreatif dari Proses Menuju Terampil, (Online), (https://www.kompasiana.com/syarif1970/5ab331a8cbe523588c1717b2/menulis-kreatif-dari-proses-menuju-terampil), diakses 12 Januari 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v3i22019p149-160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License