ANALISIS SOAL LATIHAN KETERAMPILAN MEMBACA DALAM BAHAN AJAR BIPA SAHABATKU INDONESIA TINGKAT A1

Sambada Wicaksana, Imam Agus Basuki

Abstract


Penelitian ini membahas bentuk soal dan variasi soal serta ranah kegiatan evaluasi keterampilan membaca dalam bahan ajar BIPA tingkat A1 Sahabatku Indonesia dengan menggunakan rancangan penelitian kualitatif jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk soal dan variasi soal dalam bahan ajar BIPA terdiri atas soal jawaban singkat, benar-salah, menjodohkan, pilihan ganda, isian, dan uraian, sedangkan ranah kegiatan evaluasi keterampilan membaca dalam bahan ajar dilihat berdasarkan taksonomi Barret.

Kata Kunci: bentuk soal, keterampilan membaca, bahan ajar BIPA

This study discusses the existing questions and questions and research activities in the A1 level BIPA teaching materials of my Indonesian friends using a qualitative research design of descriptive research types. The results showed that the forms and answers in the BIPA questions consisted of short answers, really, matchmaking, multiple choice, content, and description, while the realm of activities in teaching materials was to see Barret's taxonomic period.

Keywords: form of questions, reading skills, BIPA teaching materials


Full Text:

PDF

References


Ahuja, P. & Ahuja, G. C. (2010). Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Arifin, S. & Kusrianto, A. (2008). Sukses Menulis Buku Ajar & Referensi. Surabaya: Grasindo.

Arikunto, S. (1999). Dasar-Dasar Evaluasi Pedidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Fadhila, M. (2015). Materi Bacaan dalam Buku Teks BIPA Lentera Indonesia 3 untuk Pembelajar BIPA. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Junining, E. (2017). Membaca Kritis Membaca Kreatif. Malang: UB Press.

Lefudin. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Novianti, N. & Nurlaelawati, I. (2016). Sahabatku Indonesia Tingkat A1. Jakarta: Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Pramono, S. (2014). Panduan Evaluasi Kegiatan Belajar-Mengajar: Teknik Membuat Evaluasi Berbagai Model Soal. Jogjakarta: DIVA Press.

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Primasanti, W. (2016). Analisis Penilaian Membaca dan Menulis dalam Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia Implementasi Kurikulum 2013 Kelas VIII SMP Negeri 4 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Sanjaya, W. (2015). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Somadyo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana. S. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.

Supriyono. (2008). Membimbing Siswa Membaca Cerdas dengan Taksonomi Barett, (Online), (https://awidyarso65.files.wordpress.com/2008/08/membimbing-siswa-membaca-cerdas.pdf).

Utari, Y. D. (2010). Latihan dalam Buku Teks BIPA Tirai Nusantara Indonesia for Advanced Learner. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Widodo, C. S. & Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kompas Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v3i22019p261-270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License