LARAS BAHASA IKLAN PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Adisti Putri Pramesti, Martutik Martutik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk laras
bahasa iklan, (2) pola laras bahasa iklan, dan (3) fungsi laras
bahasa iklan pada media sosial instagram. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
grounded theory. Data penelitian ini berupa wacana yang
mendampingi gambar yang terdapat dalam instagram. Proses
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik
dokumentasi. Analisis data yang dilakukan meliputi proses
reduksi data yaitu identifikasi, pengodean, dan klasifikasi.
Kemudian dilakukan penyajian data dalam bentuk teks naratif,
penarikan kesimpulan, dan pengecekan keabsahan data.
Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai
berikut. Pertama, bentuk laras bahasa iklan yang terdapat dalam
iklan meliputi bentuk dasar, afiksasi, reduplikasi, pemajemukan,
singkatan dan akronim, serta istilah khusus. Kedua, pola laras
bahasa yang digunakan dalam iklan meliputi urutan kata dan
struktur kalimat. Ketiga, fungsi laras bahasa yang terdapat dalam
iklan meliputi fungsi ekspresif, fungsi direktif, fungsi
informasional, fungsi interaksional, dan fungsi puitik.

Kata Kunci: laras bahasa, iklan, media sosial

This study aims to describe (1) the form of laras bahasa
advertising, (2) the pattern of laras bahasa advertising, and (3)
the function of laras bahasa advertising on instagram. This
study used a qualitative approach with grounded theory study.
This research data in the form of discourse in the description
contained in the instagram picture. The process of data collection
was done by using the documentation. The data analysis was
conducted on data reduction process is the identification, coding,
and classification. Then the data is presented in the form of narrative text, drawing conclusions, and checking the validity of
the data. Based on the data analysis, the result of the study as
follows. First, the form of laras bahasa contained in the online
shop include basic shapes, affixation, reduplication,
compounding, abbreviations and acronyms, as well as special
names. Second, the pattern of laras bahasa used in online
shop advertising include word order and sentence structure.
Third, the function of laras bahasa contained in the online shop
advertising include expressive function, the function of the
directive, the functions informasional, interaksional function, and
the function of the poetic.

Key words: laras bahasa,advertising, instagram


Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, L., dkk. (2015). Pengaruh Daya Tarik Iklan terhadap Efektivitas Iklan.

Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 23(2), 75-83. Dari

https://media.neliti.com/media/publications/71640-ID-pengaruh-dayatarik-iklan-terhadap-efekt.pdf.

Chaer, A. (2008). Morfologi Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Hanurawan, F. (2007). Pengantar Psikologi Sosial. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

Keraf, G. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum

Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Kurniati, L. (2016). Strategi Kreatif Bahasa Iklan di Surat Kabar. Jurnal Pesona, 2(1),

-16.

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang Efektif sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran.

Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 12(2), 116-129.

Martutik. (2012). Pesan Persuasif dalam Wacana Iklan Advertorial Media Cetak.

Disertasi tidak diterbitkan, Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Martutik. (2013). Isi Pesan Persuasif dalam Advertorial Media Massa Cetak.

BAHASA DAN SENI, 41(1), 18-29. Dari http://sastra.um.ac.id/wpcontent/uploads/2014/02/3-Martutik-ok.pdf.

Miles, B. M dan Michael H. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang

Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Nursalim. (2014). Iklan dan Implikasinya dalam Pendidikan. Khutubkhanah: Jurnal

Penelitian Sosial Keagamaan, 17(02), 255-264.

Putrayasa, I. B. (2014). Kalimat Efektif (Diksi, Struktur, dan Logika). Bandung: PT

Refika Aditama.

Rani, A., dkk. (2013). Analisis Wacana: Tinjauan Deskriptif. Malang: Surya Pena

Gemilang.

Soedjito dan Saryono, D. (2011). Kosakata Bahasa Indonesia. Malang: Aditya Media

Publishing.

Strauss, A dan Juliet C. (2007). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar Offset.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

ALFABETA.

Sumadi. (2015). Morfologi Bahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sumadi. (2016). Sintaksis Bahasa Indonesia. Malang: A3 (Asih Asah Asuh).

Widyarini. (2012). Etika dan Daya Tarik Iklan Provider Seluler AXIS. La_Riba

Jurnal Ekonomi Islam, 6 (2), 235-255.

Wresniati, S. (1997). Sekilas Tentang Laras Bahasa Media Massa Cetak. Media

Litbangkes, VII (03), 33-36.

Yulianti. (2009). Periklanan (Advertising) sebagai Sarana Komunikasi Marketing

dalam Dunia Informasi dan Perpustakaan. VISI PUSTAKA, 11(2), 25-31.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v4i12020p1-16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License