SINDIRAN DALAM TEKS ANEKDOT KARYA SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MALANG
Abstract
teks anekdot karya siswa kelas X SMK Negeri 7 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa paparan
kata, kalimat, dan gaya bahasa yang mengandung sindiran dalam
teks anekdot karya siswa. Pengumpulan data yang digunakan
adalah studi dokumen, dan lembar tes. Penelitian ini
menggunakan instrumen pengumpulan data dan instrumen
analisis data. Instrumen yang digunakan adalah analisis data
melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, analisis data, dan
tahap penarikan kesimpulan. Keabsahan data, peneliti melakukan
tahap tringulasi data yaitu, tahap membaca data berulang-ulang
dan mendiskusikanya dengan guru dan teman sejawat. Hasil
penelitian ini berupa bentuk sindiran dalam teks anekdot meliputi
ironi, sinisme, dan sarkasme. Teknik penyampaian sindiran
dalam teks anekdot meliputi teknik eksplisit dan implisit.
Makna sindiran dalam teks anekdot meliputi mengejek,
memprotes, menghina, dan menganjurkan.
Kata Kunci: sindiran, gaya bahasa, teks anekdot
This research aimed to describe satire in anecdote text by class X
students of Vocational High School 7 Malang. This research used
qualitative approach with descriptive type research. Data on
this research are words, sentences and language style which
contain satire on anecdote text written by student. This research
collected data with document study and test sheet. This research used aggregation data instrument and analyze data
instrument. Instrument which used on this research is data
analysis through data aggregation phase, data reduction, data
analyze and conclusion. Data validity executed with data
triangulation which is read data repeatedly and discuss the data
with teacher and colleague. The result of research is satire
construction which irony, cynicism, and sarcasm on anecdote.
Satirical writing technique on anecdote text are explicit and
implicit technique. Satirical purpose on anecdote text are
insulting, protesting, mortifying, and advising.
Keywords: satire, language style, anecdote text
Full Text:
PDFReferences
Alwi, dkk. (2010). Tata Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai
Pustaka.
Chaer, A. (2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Keraf, G. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kurniawan, H. (2014). Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis Komunikatif dan
Apresiasif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Martutik dan Rani, A. (2013). Menulis Berbasis Tugas. Malang: Surya Pena
Gemilang.
Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013.
Jakarta: Bumi Aksara.
Rani. (2018). Penggunaan Majas Sindiran dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Balaesang Desa Tambu Kecamatan
Balaesang Kabupaten Donggala. Jurnal Bahasa dan Sastra, (Online) 3(4),
(http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/10535/8294),
diakses 18 Desember 2018.
Rusminto, N. E. (2015). Analisis Wacana: Kajian Teoritis dan Praktis. Yogyakarta:
Graha Ilmu.
Sujarweni, W. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Sumandiria, A. S. H. (2010). Bahasa Jurnalistik Panduan Praktis Penulis dan Jurnalis.
Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v4i12020p144-156
Refbacks
- There are currently no refbacks.
BASINDO indexed by:
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License