VARIASI PENGGUNAAN KONFIKS DALAM PIDATO PRESIDEN RI TAHUN 2021: METODE LINGUISTIK KORPUS
Abstract
Penelitian ini berisikan telaah tentang analisis penggunaan afiksasi jenis konfiks di dalam pidato Presiden RI tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan linguistik korpus deskriptif kualitatif, karena memanfaatkan aplikasi linguistik korpus KORTARA (Korpus Nusantara). Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi berupa file-file korpus pidato Presiden RI di aplikasi KORTARA (Korpus Nusantara). Dalam penganalisisan data penelitian, teknik yang digunakan berupa analisis linguistik komputasi, yang memanfaatkan aplikasi linguistik korpus KORTARA. Aplikasi ini peneliti gunakan mulai pada tahap identifikasi data, klasifikasi data, interpretasi data, dan kesimpulan hasil temuan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, temuan variasi penggunaan konfiks dalam naskah pidato Presiden RI tahun 2021 dapat berupa konfiks ber-/-an, ber-/-kan, di-/-kan, ke-/-an, me-/-kan, meN-/-kan, peN-/-an, dan per-/-an. Hasil penelitian ini juga mengungkapkan bahwa penggunaan afiksasi jenis konfiks (awalan-akhiran) digunakan dalam naskah pidato Presiden RI tahun 2021 untuk membangun konsep kekayaan tata bahasa Indonesia yang digunakan di ranah politik dan formal.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akhiruddin, Malawat, I., Lompoliu, E., Taufik, M., & Nursalam. (2023). Afiksasi dalam Cerita Rakyat Papua Mamle Si Anak Sakti. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 9(1), 350–356. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2344
Ananda, F. P. (2020). Afiksasi Dalam Kolom Politik Di Koran Jawa Pos Edisi Jumat 1 November 2019. Jurnal Disastri (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(1), 9–17. https://doi.org/10.33752/disastri.v2i1.873
Arianto, A. K. (2021). Dalam Kerangka Linguistik Forensik. KoPen: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 115–129.
Chaer, A. (2014). Lingustik Umum. Rineka Cipta.
Chaer, A. (2015). Morfologi Bahasa Indonesia. Rineka Cipta.
Citraresmana, E., Amalia, R. M., & -, E.-. (2018). Representasi Tki Di Surat Kabar Indonesia: Kajian Wacana Dan Kognisi Melalui Studi Korpus. Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa, 16(1), 1–6. https://doi.org/10.26499/metalingua.v16i1.143
Dilla, F., & Agustina. (2021). Use of Abbreviations in Social Media Accounts of Public Officials and Their Impact on Communication Effectiveness. Proceedings of the 4th International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE-4 2021), 604, 11–17. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211201.003
Ermanto, Havid, A., & Novia, J. (2022). Linguistik Korpus: Aplikasi Digital untuk Kajian dan Pembelajaran Humaniora. PT. Rajagrafindo Persada.
Fitriah, F., & Fitriani, S. S. (2017). Analisis Tindak Tutur dalam Novel Marwah di Ujung Bara Karya R.H. Fitriadi. Master Bahasa, 5(1), 51–62.
Hidayah, B. (2013). Afiksasi Kata Kerja Masa Lampau dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia. Tafaqquh, 1(2), 114–130.
Hidayah, U., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2016). Konsistensi Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan Indikator pada Evaluasi Guru dalam Pembelajaran Eksposisi Berdasarkan Kurikulum 2013 Siswa Kelas X MAN Patas. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 5(3), 1–12.
JR, V. T. D. (2023a). Particles as Fatic Discourse Markers in @Kasisolusi Podcast. Journal of Education and Humanities, 1(2), 47–55. https://doi.org/https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.42
JR, V. T. D. (2023b). Ujaran Kebencian Warganet pada Akun Instagram @UK (Uki Kautsar): Kajian Linguistik Forensik. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Berada Di Bawah, 4(2), 210–216. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/indonesia.v4i2.45010
JR, V. T. D., & Ermanto. (2022). Comparison of Abbreviations in the Blog Websites of Akmil and Lemdiklat Polri : Corpus Linguistic Method. Eleventh International Conference on Languages and Arts (ICLA 2022), 78–83. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-124-1
JR, V. T. D., & Ermanto. (2023a). Kortara : The Process of Forming Acronyms on Indonesian Military Academy Corpus. Humanus: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Humaniora, 22(2), 161–173. https://doi.org/10.24036/humanus.v22i2.122316
JR, V. T. D., & Ermanto. (2023b). Reduplication Affixation in the Novel The Tale of Dodon Tea and Umar Galie : The Corpus Linguistics Method. Journal of Education and Humanities, 1(2), 105–113. https://doi.org/https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.38
Kridalaksana, H. (2007). Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. PT Gramedia Pustaka Utama.
Mahsun. (2007). Metode Penelitian Bahasa. Raha Grafindo Persada.
McEnery, T., & Wilson, A. (1996). Corpus Linguistics. Edinburgh University Press.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru (Terjemahan). In Penerbit Universitas Indonesia. UIP.
Mulyono, I. (2013). Morfologi (Teori Sejumput dan Problematik Terapannya). Yrama Widya.
Novitasari, A., & Nasucha, Y. (2021). Analisis Penggunaan Konfiks Pada Karangan Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Pedan. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 5(2), 207. https://doi.org/10.25157/literasi.v5i2.5497
Nurkholifah, A., Supriadi, O., & Mujtaba, S. (2021). Analisis Kohesi dan Koherensi pada Isu Nasional di Media Online Kompas.com dan Jawapos.com Edisi April 2021. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4309–4319. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1279
O’Keeffe, A., & McCarthy, M. (2010). The Routledge Handbook of Corpus Linguistics. Taylor & Francis e-Library. http://www.routledge.com/books/details/9780415464895/
Plag, I. (2002). Word-formation in English. Cambridge University Press.
Prahita, B. A., & Pramitasari, A. (2022). Afiksasi Pada Blog Pribadi Agus Mulyadi Edisi 2020-2021. National Seminar of Pendidikan Bahasa Inggris (NSPBI 2022), Nspbi, 131–137.
Pratami, F., Suryani, Sundari, & Siska. (2023). Proses Afiksasi pada Cerpen Mata yang Enak Dipandang Karya Ahmad Tohari. Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 48–56. https://doi.org/https://doi.org/10.30599/spbs.v5i1.2143
Putri, Ristani, Y. R., Kustriyono, E., & Aulia, H. R. (2023). Afiksasi dalam Rubrik Destinasi Majalah Derap Guru dan Implikasinya terhadap Pembelajaran di SMA. SEMANTIKA, 4(02), 9–14.
Ruruk, S. (2012). Analisis Konfiks Per-an dalam Buku Mahir Berbahasa Indonesia SMA Kelas X. AgroSainT UKI Toraja, 3(2), 329–336.
Saftriani, I., Dahri, & Wahyuni, I. (2022). Makna leksikal dan gramatikal lirik lagu dalam album Monokrom karya Tulus. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 6(4), 1343–1351.
Sari, N. O., Sumarti, & Samhati, S. (2022). the Use of Afix in the Text of Observation Report (LHO) in Indonesian Text Book Class X. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Syarifah, S., & Mulyaningsih, I. (2022). Analisis Penggunaan Proses AfiksasiPada Surat Undangan Kegiatan Audiensi Keuangan dan Rapat Koordinasi Ormawa FITK. Jurnal Dummy: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1–11.
Usliani, Quthny, A. Y. A., & Hamdiah, M. (2023). Proses Morfologis Bahasa Madura Dialek Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Jurnalistrendi : JURNAL LINGUISTIK, SASTRA, DAN PENDIDIKAN, 8(1), 42–49. https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v8i1.1448
Utomo, A. R. P., Soleh, D. R., & Rizaldy, D. R. (2022). Analisis Penggunaan Konfiks pada Karya Tulis Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 JOGOROGO Ngawi Tahun Ajaran 2021/2022. SAMBHASANA, 131–138.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v7i22023p301-315
Refbacks
- There are currently no refbacks.
BASINDO indexed by:
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License