PEMBELAJARAN GAYA BAHASA (BASA RINENGGA) PADA SISWA KELAS VIII
Lusi Ari Agustin, Anang Santoso
Abstract
Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran basa rinengga terkait komponen RPP, (2) mendeskripsikan interaksi siswa dan guru yang terdiri atas kegiatan: awal, inti, dan penutup, (3) mendeskripsikan penilaian sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan wacana kelas. Hasil penelitian adalah (1) RPP dirancang sesuai komponen (2) pelaksanaan kegiatan awal meliputi apersepsi, presensi, dan motivasi; kegiatan inti mencakup pendekatan saintifik; kegiatan penutup berupa refleksi, (3) penilaian sikap, berupa observasi; penilaian keterampilanberupa unjuk kerja; dan penilaian pengetahuanberupa ulangan harian dan tanya jawab.
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya Indonesian Language, Literature, and Learning Journal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN :2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017