FANTASI MODERN PADA NOVEL ANAK QUEEN AURA UNTUK PEMBELAJARAN SASTRA ANAK DI SEKOLAH DASAR

siti sulistyani pamuji

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) bentuk fantasi modern meliputi artikulasi bahasa hewan (articulate animals), boneka, mainan dan benda-benda mati (dolls, toys and inanimate objects), karakter eksentrik, situasi khayalan dan membesar-besarkan (eccentric characters, preposterous situations, and exaggerations), aneh dan dunia Imajinasi (strange and curious worlds), manusia kecil (little people), perjalanan waktu (time warps), dan fiksi ilmiah (science fiction) pada novel anak karya anak usia 9—12 tahun, 2) pengembangan fantasi modern terdiri atas penokohan (characterization), alur (plot), dan latar (setting) pada novel anak karya anak usia 9—12 tahun, 3) tema fantasi modern pada novel anak karya anak usia 9—12 tahun.

Penelitian ini adalah penelitian pembelajaran sastra anak dengan payung teori fantasi modern Donna E. Norton. Metode penelitian menggunakan tekstual deskriptif. Sumber data berupa empat novel anak Quen Aura usia 9 Tahun. Data dalam penelitian ini adalah bentuk fantasi modern, pengembangan fantasi modern, dan tema fantasi modern yang terdapat dalam teks novel anak Quen Aura.


Full Text:

PDF

References


Ambarwati, Ari. 2013. Stereotipe Karakter Tokoh Perempuan Anak-Anak dalam Cerita-cerita Kecil-Kecil Punya Karya. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Malang.

Ampera, Taufik. 2010. Pengajaran Sastra. Bandung: Widya Padjajaran.

Bunanta, Murti. 1998. Problematika Penulisan Cerita Rakyat. Jakarta: Balai Pustaka.

Darma, Budi. 2004. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2003. Kurikulim Bebasis Kompetensi : Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra di Sekolah Dasar. Jakarta: Puskur: Balitbang Depdiknas. Diknas 2005. Standar Kompetensi Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.

Endaswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra. Jogjakarya: Pustaka Widyatama.

Huck, Charlotte S, Susan Hepler, dan Janet Hickman. 1987. Children’s Literature in The Elementary School. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Hunt, Peter (ed). 1992. Literature for children Contemporary Criticism. London: Routledge.

Hunt, Peter. 2001. Children’s Literature. Massachusetts: Blackwel Publisher Inc.

Kurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak. Jogjakarta: Graha Ilmu.

Kurniawan, Heru. 2013. Menulis Kreatif Cerita Anak. Jakarta: Akademia.

Norton, Donna E. 1983. Through the Eyes of a Child An Introduction to Children’s Literature. Ohio: Bell & Howell Company.

Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Jogjakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan, 2006. Penelitian Genre Sastra Anak di Harian Kompas Minggu. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Sastra Anak. Jogjakarta: Gadjah Mada University Press.

Pusposari, Dewi. 2012. Memahami Sastra Anak. Malang: Bayumedia.

Sarumpaet, Riris K. Toha. 1976. Bacaan Anak-Anak. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Sarumpaet, Riris K. Toha. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Penerbit Obor.

Suyatno. 2008. Struktur Narasi dan Kohesi Novel Karya Anak. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Surabaya.

Suyatno. 2009. Struktur Naratif Novel Karya Anak. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 1990. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v5i12021p65-77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License