UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN AKURASI SHOOTING MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET PUTRA SMP LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG

irfan zidny alfiansyah, oni bagus januarto

Abstract


Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMP Laboratorium UM diketahui bahwa keterampilan shooting atlet bolabasket masih banyak kekurangan dan belum maksimal. pada hari pertama 73,33% peserta dapat melakukan teknik shooting dengan cukup baik, dan 26,67% peserta yang belum menguasai teknik shooting dengan baik. Pada hari kedua dari 53 total shooting yang dilakukan, 39,63% dilakukan dengan benar, dan 60,37% dilakukan dengan salah. Pada hari ketiga dari 61 total shooting yang dilakukan, 33,33% dilakukan dengan benar, dan 66,67% dilakukan dengan salah.

     Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan akurasi shooting dengan menggunakan metode drill pada peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP Laboratorium UM.

     Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan olahraga dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan melalui dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah atlet bolabasket SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan sebanyak 15 atlet. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan pelatih untuk menyusun program latihan selama 2 siklus dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan dan akurasi shooting peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP Laboratorium UM mengalami peningkatan setelah dilakukan latihan shooting menggunakan metode drill. Latihan dilakukan dengan dua siklus masing-masing 6 pertemuan setiap siklus. Tingkat keberhasilan peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP Laboratorium UM pada siklus 1 dengan persentase ketuntasan keseluruhan teknik shooting  hasil dari observer 1 sebanyak 50,48%, dari observer 2 sebanyak 49,52%. Sedangkan tingkat keberhasilan pada siklus 2 dengan persentase ketuntasan keseluruhan teknik shooting  hasil dari observer 1 sebanyak 75,24% dari observer 2 sebanyak 78,09%. Sedangkan peningkatan akurasi shooting sesudah siklus I sebesar 25,43% dan pada siklus II sebesar 45,96%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode drill dalam latihan shooting dapat meningkatkan keterampilan dan akurasi shooting peserta ektrakurikuler SMP Laboratorium UM. Disarankan bagi pelatih bolabasket SMP Laboratorium UM dapat menggunakan penelitian ini sebagai rujukan menyusun program latihan khususnya untuk meningkatkan keterampilan shooting.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


GELANGGANG PENDIDIKAN JASMANI INDONESIA (GPJI) article template:

 

GELANGGANG PENDIDIKAN JASMANI INDONESIA indexed by:

Google Scholar BASE-SEARCHResearchbib PKP INDEX OneSearch


Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani
Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Flag Counter