STUDI CROSS SECTIONAL ANTROPOMETRI ANAK USIA 7-12 TAHUN DATARAN RENDAH

Muhammad Anwar, Ari Wibowo Kurniawan, Dona Sandy Yudasmara

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan antropometri anak usia 7-12 tahun di dataran rendah Sekolah Dasar Negeri 1 Bantur. Rancangan penelitian menggunakan metode survey dengan menggunakan pendekatan Cross-Sectional Subjek penelitian sebanyak sampel penelitian sebanyak 130 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan format pengukuran antropometri Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan spss dan norma pengukuran antropometri. Dari hasil analisis data, Hasil yang diperoleh dari tes antropometri pada kelas 1 dan 2 memiliki signifikansi .488 > 0.05, kelas 2 dan 3 yaitu .001<0.005, kelas 3 dan 4 yaitu .022, kelas 4 dan 5 yaitu .102, dan kelas 5 dan 6 yaitu .749. Kesimpulan yang diperoleh yaitu tes antropometri anak mulai dari kelas 1 sampai 6 memiliki perbedaan dari segi peningkatan per kelas yang dilakukan saat berada di lingkungan sekolah.

Keywords


cross sectional, antropometri, dataran rendah

Full Text:

PDF

References


Aprilia, A. (2015). Obesitas pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Majority, 4(7), 45-48.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2017. Infografis: Penetrasi dan perilaku pengguna internet di Indonesia. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia

Breslin, G., Sweeney, L., Shannon, S., Murphy, M., Hanna, D., Meade, M., & Armitage, C. J. (2019). The effect of an augmented commercial weight loss program on increasing physical activity and reducing psychological distress in women with overweight or obesity: a randomised controlled trial. Journal of Public Mental Health. Haapala, Eero., Vaisto, Juuso., Lintu, Niina., Westgate, Kate., & Ekelund, Ulf. 2017. Physical Activity AND Sedentary Time in Relation to Academic Achievement in Children. Journal of Science and Medicine in Sport, 20(6), 583-589. DOI:10.1016/j.jsams.2016.11.003.

Budiwanto, S. 2015. Tes dan Pengukuran Dalam Keolahragaan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Chan, Margaret. 2013. Linking Child Survival and Child Development for Health, Equity, and Sustainable Development. The Lancelot; London, 381(9877), 1514-1516. DOI:10.1016/S0140-6736(13)60944-7.

Djoko, P.I. 2006. Bugar & Sehat dengan Berolahraga. Yogyakarta: Andi Offset

Eketarina Nazaroval: 2010. Hight, wigh, bodymass indeks, Eas Uganda,(Online), Https=/2 akademik. Oup.com/ij/artic.leat struck/12/3/308/811907/Aand/Investigation//of/the /effect/of/diely/phisical, diakses pada 15 april 2019.

Ermona, N. D. N., & Wirjatmadi, B. (2018). Hubungan Aktivitas Fisik dan Asupan Gizi Dengan Status Gizi Lebih Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Sdn Ketabang 1 Kota Surabaya Tahun 2017. Amerta Nutrition, 2(1), 97-105.

Izzaty, R, E. 2017. Perilaku Anak Prasekolah: Masalah da Cara Menghadapinya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Latifa, Umi. 2017. Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. ACADEMIA: Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 187-196. Dari ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/academic a/article/download/1052/297.

Maliki. 2016. Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar: Suatu Pendekatan Imajinatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Meggit, Carolyn. 2013. Memahami Perkembangan Anak. Jakarta Barat: Permata Puri Media.

Murni. 2017. Perkembangan Fisik, Kognitif, dan Psikososial pada Masa Kanak-Kanak Awal 2-6 Tahun. Jurnal Ar-Raniry, 3(1), 19-33. Dari http://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/bunayya/article/download/2042/1513.

Nurrizky, A. (2018). PERBANDINGAN ANTROPOMETRI GIZI BERDASARKAN BB/U, TB/U, DAN IMT/U SISWA SD KELAS BAWAH ANTARA DATARAN TINGGI DAN DATARAN RENDAH DI KABUPATEN PROBOLINGGO (Studi pada SDN Negororejo 1 Kecamatan Lumbang dan SDN Tongas Wetan 1 Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 6(1).

Nugroho, A. M. A., Kinasih, A., & Messakh, S. T. (2018). GAMBARAN AKTIVITAS FISIK SISWA DENGAN IMT KATEGORI GEMUK DI SEKOLAH DASAR DESA BUTUH. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(8), 730-737.

Nurchakim, Aditya. & Wisnu, Hari. 2017. Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Menengah Pertama Negeri Daerah Pesisir (Studi pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Tuban dan SMPN 6 Tuban). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 5(3), 908-912. Dari http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan jasmani/issue/archive

Nurrochmah, S. 2016. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (edisi 6). 2017. Malang: Universitas Negeri Malang

Piaget, Jean, & Barbel Inhelder. 2010. Psikologi Anak. Terj. Miftahul Jannah, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Prasetyo, B. & Jannah, M. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: PT Gelora Aksra Pratama

Soetjiningsih. & Ranuh, Gede. 2015. Tumbuh Kembang Anak Edisi 2. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: ALFABETA, CV.

Vandorpe, Joric B. 2011. Multivariate Association Among Morphology, Fitness, and Motor Coordination Characteristics in Boys Age 7 to 11.Pediatric Exercise Science,(23), 504-520.

WHO. Obesity and Overweight: WHO Int; 2016 [cited 2017 6/1/2017]. ObesityandOverweight:[Availablefrom:http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs311/en/.

Winarno, M.E. 2017. Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang:

Yunus. 2016. Kesegaran Jasmani Siswa SD Kota Malang. Prosding Seminar Nasional Peran Pendidikan Jasmani dalam Menyangga Interdispliner Ilmu Keolahragaan. 166-177




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v3i2p91-96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:

DOAJ Google ScholarGARUDA   

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats