PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CRICKET BERBASIS MOBILE LEARNING PADA TIM OLAHRAGA CRICKET UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Johan Christianto, Wasis Djoko Dwiyogo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran olahraga cricket berbasis mobile learning. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan Research and Development dari Darmawan. Subjek yang digunakan adalah pemain dan anggota dari tim olahraga cricket Universitas Negeri Malang. Instrumen pengumpulan data berupa observasi, dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa deskriptif persentase yang digunakan untuk mengolah data kualitatif dan kuantitatif. Pembelajaran cricket pada tim olahraga cricket Universitas Negeri Malang. Dengan hasil tersebut maka produk yang dikembangkan masuk data kriteria amat baik sehingga produk pengembangan media pembelajaran cricket berbasis mobile learning pada tim olahraga cricket Universitas Negeri Malang dapat digunakan pada proses pembelajaran dan latihan.

Keywords


media pembelajaran, mobile learning, olahraga cricket

Full Text:

PDF

References


Arsyad., azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arikunto. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Brown, sally. 2000. Efective learning and teaching in Higher Education Series. London: Routledge Falmer

Depdiknas. 2003. Pengertian Bahan Ajar. http://www.dikemenum.go.id. Diakses pada tanggal 7 september 2018.

Dwiyogo. Wasis D. 2008. Aplikasi Teknologi Pembelajaran Pengembangan Media Pembelajaran Penjas & Olahraga. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Dwiyogo, Wasis D. 2013. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. (Online), (https://id.wikibooks.org/wiki/Pembelajaran_Berbasis_Blended_Learning), diakses 17 April 2019.

Darmawan. D. 2011. Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Roesdakarya

Elsom-cook, M. 2001. Principle of interactive multimedia. London: McGraw Hill

Falahudin. 2014. Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jakarta: Jurnal Lingkar Widyaiswara

Hofstetter. 2001. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: ANDI

Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung. Alfabeta

Rusman, dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sutopo. 2011. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Jakarta: Graha Ilmu.

Syamsuddin. 20016. Pengenalan Olahraga Kriket. Indonesia Cricket Foundation.

Setyosari P. 2005. Media Pembelajaran. Malang. Elang

Yaumi, Muhammad. 2017. Media & Teknologi Pembelajaran: Makassar: Prenada Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v3i2p168-174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Johan Christianto, Wasis Djoko Dwiyogo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:

DOAJ Google ScholarGARUDA    

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats