PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR BOLA VOLI UNTUK SISWA SDN 16 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA

Eka Supriatna

Abstract


Tujuan dari peneltian ini untuk menemukan model-model pembelajaran bolavoli dalam bentuk modul yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah tingkat dasar (SD). Bentuk Desain Penelitian yang digunakan adalah pendekatan pengembangan Research And  Development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner observasi penilaian dari ahli materi bolavoli, kuesioner observasi penilaian ahli media dan kuesioner keefektifkan siswa. Hasil penelitian pengembangan ini adalah sebuah modul pembelajaran gerak dasar bolavoli untuk siswa SDN 16 Sungai Raya Kabupaten KubuRaya. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi bolavoli sebesar 84,37% dan ahli media sebesar 88,33% serta nilai uji keefektifan pada kelompok sebesar 87,34 %. Kesimpulan produk sangat baik, sehingga layak digunakan untuk pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa  sekolah tingkat dasar di SDN 16 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.


Keywords


Model Pembelajaran, Gerak Dasar Bolavoli, Sekolah Tingkat Dasar.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, F. D. (2013). Penggunaan Modul Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran TIK Pada Materi Microsoft Word Kelas V di SDN Sarikaya Kragilan Condongcatur Sleman Yogyakarta. Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika, 2(1).

Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research an Introduction. Longman.

Ilahiyah, N., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pakem Pada Materi Bilangan Pecahan di SD. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 49–63. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4127

Irsyada, M. (2004). Pembelajaran Bolavoli. Depdiknas.

Mallo, A., Sumira, Jaya, N., & Djalil, N. (2019). Pengembangan Modul PHBS (Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat) Sekolah di SD Inpres Btn Ikip I Kota Makassar. Jurnal Kebidanan Vokasioal, 4(1), 50–55.

Nasution, S. (2003). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. PT Bumi Aksara.

Percival, L. (2005). Teaching And Coaching Volleyball.

http://www. Austinvolleyball.com/article.cfm?view = article & id = 9.

Purwanto, Rahadi, A., & Lasmono, S. (2007). Pengembangan Modul. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (PUSTEKKOM) Depdiknas.

Rachmawati, N., Muhyi, M., & Wiyarno, Y. (2020). Pengembangan Permainan Olahraga Tradisional utuk Meningkatkan Nilai Peduli dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 125–137.

Toyoda, H. (2000). Coaches Manual. Federation International Volleyball (FIVB).

Toyoda, H. (2008). Mini Volleyball. Federation International Volleyball (FIVB).

Yoda, I. K. (2019). Implemetasi Modul Penjasorkes Bermuatan Model Pembelajaran Bandura Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes dan Kecerdasan Kinestetik Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENJAKORA, 6(2), 127–133.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v4i2p16-24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Eka Supriatna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:

DOAJ Google ScholarGARUDA    

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats