INOVASI PERANGKAT PEMBELAJARAN SPORT EDUCATION MODEL UNTUK KETERAMPILAN SOSIAL PADA MATERI PERMAINAN SOFTBALL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran PJOK menggunakan Sport Education Model (SEM) pada materi softball untuk kelas VIII. SEM secara khusus digunakan untuk mengembangkan keterampilan siswa. Model pengembangan menggunakan Research and Development (R&D) dengan model yang dikembangkan oleh Borg & Gall, namun hanya menerapkan 7 langkah dari total 10 langkah yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket/kuesioner. Subjek uji coba yang dilibatkan yaitu guru Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan dan siswa di SMP/MTs/sederajat di Jawa Timur. Penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil uji coba produk dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan perangkat pembelajaran PJOK berbasis keterampilan sosial melalui Sport Education Model materi permainan softball layak dan dapat diterapkan dalam pembelajaran PJOK. Guru bisa menggunakan perangkat pembelajaran ini untuk mempermudah menggunakan model SEM di kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Tanggung Jawab dan Kepemimpinan Melalui Model Pendidikan Olahraga. 21(Icsshpe 2019), 183–188.
Anwar, A. S., Hendrayana, Y., & Ma’mun, A. (2020). The Development of Responsibility and Leadership Through Sport Education Model. 21(Icsshpe 2019), 183–188. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200214.049
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research an Introduction. Longman Inc.
Cuevas, R., García-López, L. M., & Serra-Olivares, J. (2016). Sport education model and self-determination theory: An intervention in secondary school children. Kinesiology, 48(1), 30–38. https://doi.org/10.26582/k.48.1.15
Dupri, Candra, O., Nazirun, N., Sari, M., N, R. M., & A, C. S. (2019). Penerapkan Model Pembelajaran Berbasis Karakter Pada Pendidikan Jasmani Kepada Guru-Guru Pendidikan Jasmani Se- Kuantan Singingi Dupri1,. 1(1), 94–105.
Dyson, B., Griffin, L. L., & Hastie, P. (2004). Sport education, tactical games, and cooperative learning: Theoretical and pedagogical considerations. Quest, 56(2), 226–240. https://doi.org/10.1080/00336297.2004.10491823
Ennis, C. D. (2011). Physical education curriculum priorities: Evidence for education and skillfulness. Quest, 63(1), 5–18. https://doi.org/10.1080/00336297.2011.10483659
Evangelio, C., Sierra-Díaz, J., González-Víllora, S., & Fernández-Río, J. (2018). The sport education model in elementary and secondary education: A systematic review. Movimento, 24(3), 931–946. https://doi.org/10.22456/1982-8918.81689
Gil-Madrona, P., Gutiérrez-Marín, E. C., Cupani, M., Samalot-Rivera, A., Díaz-Suárez, A., & López-Sánchez, G. F. (2019). The effects of an appropriate behavior program on elementary school children social skills development in physical education. Frontiers in Psychology, 10(SEP), 1–8. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01998
Hariadi, H. (2015). Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahragapada Pendidikan Anak Usia Dini. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 27(II), 93. https://doi.org/10.21009/parameter.272.01
Heynoek, F. P., Mu’Arifin, Widijoto, H., Amiq, F., & Hidayat, E. (2010). Pendidikan Jasmani & Kesehatan, Panduan Bagi Mahasiswa Pendidik Profesi Guru (PPG). LP3 UM.
Jewett, A. E., Bain, L. L., & Ennis, C. D. (1995). The curriculum process in physical education (2nd ed.). WCB Brown & Benchmark.
Kirk, D. (2006). The “obesity crisis” and school physical education. Sport, Education and Society, 11(2), 121–133. https://doi.org/10.1080/13573320600640660
Kurniawan, R. (2015). Pengaruh Sport Education Melalui Permainan Net Games Terhadap Kerjasama dan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Atas. Universitas Pendidikan Indonesia.
Kurniawan, R., & Suherman, A. (2015). Penerapan SEM (Sport Education Model) dalam Konteks Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.31227/osf.io/vgua7
MacPhail, A., Kirk, D., & Kinchin, G. (2004). Sport Education: Promoting Team Affiliation Through Physical Education. Journal of Teaching in Physical Education, 23(2), 106–122. https://doi.org/10.1123/jtpe.23.2.106
Maryani, E. (2010). Pengembangan keterampilan sosial melalui pembelajaran geografi. Artikel Universitas Pendidikan Indonesia, 1–24.
O’Neil, K., & Krause, J. M. (2016). The Sport Education Model: A Track and Field Unit Application. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 87(9), 14–20. https://doi.org/10.1080/07303084.2016.1226217
Perlman, D. (2010). Change in affect and needs satisfaction for amotivated students within the Sport Education Model. Journal of Teaching in Physical Education, 29(4), 433–445. https://doi.org/10.1123/jtpe.29.4.433
Perlman, D. (2012). The influence of the Sport Education Model on amotivated students’ in-class physical activity. European Physical Education Review, 18(3), 335–345. https://doi.org/10.1177/1356336X12450795
Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Purwanto, S., Susanto, E., & Pahalawidi, C. (2014). Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Sport Education Dalam Perkuliahan Di Jurusan Pendidikan Olahraga Uny. 2, 48–60. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2176
Shalma, O. (2020). Keterampilan Sosial Siswa SMP Negeri 2 Undaan Kabupaten Kudus.
Siedentop, D., Hastie, P., & Mars, H. Van Der. (2011). Complete Guide to Sport Education (2nd ed.). Human Kinetics.
Sriyanto, S., Febrianta, Y., & Yuwono, P. H. (2019). Strategi Berpikir Visual bagi Peserta Didik Gangguan Kecemasan Sosial untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 3(1), 65. https://doi.org/10.30595/jssh.v3i1.3064
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v6i1p60-72
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats