PENGEMBANGAN VARIASI LATIHAN SEPAK SILA UNTUK PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKTAKRAW DI SD NEGERI WONODADI 1 KECAMATAN WONODADI KABUPATEN BLITAR
Abstract
Abstract: The aimed of this study is to develop variations of soccer practice so that
students are easier to learn soccer (sepak sila). The research method used is research
and development method. The result of the development of soccer practice in SDN
Wonodadi 1 Blitar obtained the following data: (1) The result of expert evaluation in
sepaktakraw obtained 100% percentage and can be used, (2) The result of expert
coaching in sepaktakraw obtained percentage 81.25% and stated can be used, (3) Result
of evaluation of media expert obtained by percentage 78,55% and stated can be used,
(5) Result of small group trial obtained 89,71 percentage and expressed can be used, (6)
result of large group trial obtained percentage 89,06 % And otherwise can be used. It is
concluded that the product of variation of soccer practice in SDN Wonodadi 1 Blitar is
feasible and practical to use.
Keywords: Exercises variations, Takraw, Sepak sila
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan variasi latihan sepak sila agar
siswa lebih mudah untuk belajar sepak sila. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode penelitian dan pengembangan. Hasil pengembangan latihan sepak sila di SDN
Wonodadi 1 Blitar diperoleh data sebagai berikut: (1) Hasil evaluasi ahli sepaktakraw
diperoleh persentase 100% dan dinyatakan dapat digunakan, (2) Hasil evaluasi ahli
kepelatihan sepaktakraw diperoleh persentase 81,25% dan dinyatakan dapat digunakan,
(3)) Hasil evaluasi ahli media diperoleh persentase 78,55% dan dinyatakan dapat
digunakan, (5) Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 89,71 dan dinyatakan
dapat digunakan, (6) Hasil uji coba kelompok besar diperoleh persentase 89,06% dan
dinyatakan dapat digunakan. Disimpulkan bahwa produk variasi latihan sepak sila di SDN
Wonodadi 1 Blitar ini layak dan praktis untuk digunakan.
Kata Kunci: Variasi latihan, Sepak takraw, Sepak sila
students are easier to learn soccer (sepak sila). The research method used is research
and development method. The result of the development of soccer practice in SDN
Wonodadi 1 Blitar obtained the following data: (1) The result of expert evaluation in
sepaktakraw obtained 100% percentage and can be used, (2) The result of expert
coaching in sepaktakraw obtained percentage 81.25% and stated can be used, (3) Result
of evaluation of media expert obtained by percentage 78,55% and stated can be used,
(5) Result of small group trial obtained 89,71 percentage and expressed can be used, (6)
result of large group trial obtained percentage 89,06 % And otherwise can be used. It is
concluded that the product of variation of soccer practice in SDN Wonodadi 1 Blitar is
feasible and practical to use.
Keywords: Exercises variations, Takraw, Sepak sila
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan variasi latihan sepak sila agar
siswa lebih mudah untuk belajar sepak sila. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode penelitian dan pengembangan. Hasil pengembangan latihan sepak sila di SDN
Wonodadi 1 Blitar diperoleh data sebagai berikut: (1) Hasil evaluasi ahli sepaktakraw
diperoleh persentase 100% dan dinyatakan dapat digunakan, (2) Hasil evaluasi ahli
kepelatihan sepaktakraw diperoleh persentase 81,25% dan dinyatakan dapat digunakan,
(3)) Hasil evaluasi ahli media diperoleh persentase 78,55% dan dinyatakan dapat
digunakan, (5) Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 89,71 dan dinyatakan
dapat digunakan, (6) Hasil uji coba kelompok besar diperoleh persentase 89,06% dan
dinyatakan dapat digunakan. Disimpulkan bahwa produk variasi latihan sepak sila di SDN
Wonodadi 1 Blitar ini layak dan praktis untuk digunakan.
Kata Kunci: Variasi latihan, Sepak takraw, Sepak sila
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v1i1p103-113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Jasmani
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats