ANALISIS DAMPAK ANJURAN PEMERINTAH TERHADAP BELAJAR DI RUMAH BAGI PELAKU PENDIDIKAN

Laila Nur Alfiah, Deni Ainur Rokhim, Intan Ayu Idha Wulandari

Abstract


Dunia sedang mengalami pandemi Penyakit Virus Corona 2019 (Covid-19). Penerapan kebijakan Work From Home (WFH) berdampak pada penutupan fasilitas pendidikan, sehingga sekolah pendukung untuk belajar di rumah atau Work From Home (WFH). Aplikasi yang digunakan guru untuk memfasilitasi pembelajaran di rumah melalui whatsapp di smartphone, menimbulkan masalah bagi siswa yang tidak memiliki smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak kebijakan pemerintah mengenai kebijakan sosial dan pekerjaan di rumah terhadap pendidik dan siswa. Caranya dilakukan survei melalui menggunakan fasilitas formulir Google. Hasil penelitian menjelaskan bahwa proses pembelajaran harus dilakukan secara online atau online sesuai anjuran pemerintah,Proses pembelajaran belum dapat terlaksana dengan baik karena masalah teknis seperti penggunaan teknologi yang masih menyulitkan guru dan terkendala koneksi internet dalam proses pembelajaran. Dampak lain yang tergambar adalah proses pembelajaran tidak dapat mencapai hasil belajar yang utuh baik secara kognitif, afektif maupun psikomotor. Dampak Korona ini bagi Pendidikan juga pada akhirnya membutuhkan peran orang tua yang lebih besar dalam pengawasan dan pembelajaran di rumah.


Dunia sedang mengalami pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Penerapan kebijakan Work From Home (WFH) berdampak pada penutupan fasilitas pendidikan, sehingga sekolah dianjurkan untuk belajar dirumah atau Work From Home (WFH). Aplikasi yang digunakan oleh guru untuk memfasilitasi pembelajaran di rumah melalui whatsappdalam smartphone, menimbulkan masalah bagi siswa yang tidak memiliki smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kebijakan pemerintah mengenai pembatasan sosial dan kerja di rumah terhadap pendidik dan siswa. Metode yang dilakukan melalui survey menggunakan fasilitas google form. Hasil penelitian menjelaskan bahwa proses pembelajaran harus berani atau online sesuai anjuran dari pemerintah, meskipun proses pembelajaran tidak dapat terlaksana dengan baik permasalahan teknik seperti penggunaan teknologi yang masih terbuka bagi guru dan terkendalanya koneksi internet dalam proses pembelajaran. Dampak lain yang menggambarkan bahwasannya proses pembelajaran tidak bisa menjangkau secara utuh pembelajaran baik secara kognitif, afektif dan psikomotorik. Dampak korona ini bagi Pendidikan juga akhirnya memang diperlukan peran orang tua lebih besar dalam pengawasan dan pembelajaran di Rumah.



Full Text:

PDF

References


Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2020). Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 13 A Tahun 2020 Tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona Di Indonesia.

Bilfaqih & Qomarudin. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta; deepublish. ISBN 978-Nomor ISBN.

Consumer News and Business Channel Indonesia. (2020). Corona, Kelas Daring, Curhat 2 Guru untuk Orang Tua : A Transmedia Company. Dari https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200330165053-284-488368/corona-kelas-daring-dan-curhat-2-guru-untuk-orang-tua

Darmalaksana, W. (2020). Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung 24 Maret 2020. 2020, 1–5.

Hambali, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Kehidupan: Konsep Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Waskita. Vol. 1, No. 1, 2017.

Huang, R. H., Liu, D. J., Tlili, A., Yang, J. F., & Wang, H. H. (2020). Handbook on facilitating flexible learning during educational disruption: The Chinese experience in maintaining undisrupted learning in COVID-19 Outbreak. In Smart Learning Institute of Beijing Normal University UNESCO (pp. 1–54). https://iite.unesco.org/news/handbook-on-facilitating-flexible-learning-during-educational-disruption/

Irawan, H. (2020). Inovasi Pendidikan Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19. https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--inovasi-pendidikan-sebagai-antisipasi-penyebaran-covid-19

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (2020). Guru Tak Boleh Bebankan Tugas di Luar Kemampuan Siswa. (online) https: //news.detik.c om/berita/d-4993866/kemendikbud-guru-tak-boleh-bebankan-tugas-di-luar-kemampuan-siswa?_ga=2.57169258.1117432155.1589810068-177998992.1488448910.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (2020). Siswa Keluhkan Tugas Menumpuk. (online) https://news.detik.com/berita/d-4992921/ada-246-aduan-di-kpai-soal-belajar-daring-siswa-keluhkan-tugas-menumpuk-kuota ?ga =2.53507 560.1117432155.1589810068-177998992 .148 8448910

Mahase, E. (2020). Coronavirus covid-19 has killed more people than SARS and MERS combined, despite lower case fatality rate. BMJ (Clinical Research Ed.), 368(February), m641. https://doi.org/10.1136/bmj.m641

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Kelulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. (online).(https://bsnpindonesia.org/wpcontent/uploads/2009/04/Permendikbud_Tahun2016_Nomor020_Lampiran.pdf), diakses 20 Oktober 2019.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah. (online). (http://bsnp-indonesia.org/wpcontent/uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor021_Lampiran.pdf), diakses 20 Oktober 2019.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. (online). (http://bsnp-indonesia.org/wpcontent/uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022.pdf), diakses 20 Oktober 2019.

Purwanto, A., Asbari, M., Pramono, R., & Santoso, P. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling (EduPsyCouns). Volume 2 Nomor 1 (2020) ISSN Online : 2716-4446.

Rohman & Asmaranty. (2019). Pembelajaran Berbasis Kehidupan Dengan Muatan Karakter Bangsa Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Abad 21. Kongres Bahasa Indonesia.

Setiawan, A. R. (2019). Lembar Kegiatan Siswa untuk Pembelajaran Jarak Jauh Berdasarkan Literasi Saintifik pada Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Indo American Journal of Pharmaceutical Sciences, 23(3), 6. https://doi.org/10.5281/zenodo.1477753

Smith, W. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Syah, R. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Sosial Dan Budaya Syar-I. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Syarifah. (2015). Kemampuan Guru Menjelaskan Dalam Pembelajaran Tematik Berbasis KTSP di SD Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang: Skripsi Tidak Diterbitkan: UNNES.

UNESCO. (2020). 290 million students out of school due to COVID-19: UNESCO releases first global numbers and mobilizes response.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i32020p216

Refbacks



Copyright (c) 2020 Deni Ainur Rokhim, Laila Nur Alfiah, Intan Ayu Idha Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.