Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for BAHASA DAN SENI?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel yang dimuat dalam jurnal ini meliputi tulisan tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tinjauan kepustakaan, dan resensi buku.
  2. Naskah belum pernah diterbitkan dalam jurnal dan media cetak lain, diketik dengan 2 spasi pada kertas A4, panjang 12-20 halaman
  3. Artikel merupakan karya orisinal penulis dan terbebas dari penjiplakan (plagiat). Isi artikel dan kemungkinan pelanggaran etika penulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis
  4. Artikel ditulis dalam bentuk esai, disertai judul subbab (heading) masing-masing bagian, kecuali bagian pendahuluan yang disajikan tanpa judul subbab. Peringkat judul subbab dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda, semua huruf dicetak tebal (bold), miring (italic) dan letaknya pada tepi kiri halaman, dan bukan dengan angka, seperti contoh berikut.

    PERINGKAT 1    (huruf besar semua, tebal, rata tepi kiri)

    Peringkat 2    (Huruf Besar Kecil, Tebal Rata Tepi Kiri)

    Peringkat 3    (Huruf Besar Kecil, Tebal Miring, Rata Tepi Kiri)

  5. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel. Bila penulis terdiri atas empat orang atau lebih, yang dicantumkan di bawah judul artikel adalah nama penulis utama; nama penulis-penulis lainnya dicantumkan pada catatan kaki halaman pertama naskah. Artikel hasil penelitian yang dikerjakan oleh tim, semua anggota tim harus dicantumkan. Dalam proses penyuntingan artikel, pengelola jurnal hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada  urutan pertama.
  6. Artikel nonpenelitian terdiri atas: (a) judul (maksimal 10 kata) (b) identitas penulis (c) abstrak (abstract) dalam bahasa Indonesia dan Inggris (75-150 kata), (d) kata-kata kunci (keywords) dalam bahasa Indonesia dan Inggris (3-5 kata), (e) pendahuluan (tanpa judul subbab) yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan, (f) bahasan utama (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-bagian); (g) penutup atau kesimpulan dan (h) daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk). Artikel hasil penelitian disajikan dengan sistematika sebagai berikut: (a) judul (maksimal 10 kata) (b) nama penulis (c) abstrak (abstract) dalam bahasa Indonesia dan Inggris (75-150 kata) yang berisi tujuan, metode, dan hasil penelitian , (d) kata-kata kunci (keywords) dalam bahasa Indonesia dan Inggris, (e) pendahuluan (tanpa judul subbab) berisi telaah teori relevan terpenting dan tujuan penelitian (maksimal 25% dari jumlah halaman artikel), (f) metode penelitian (maksimal 20% dari jumlah halaman artikel), (g) hasil (maksimal 20% dari jumlah halaman artikel), (h) pembahasan (hasil dan pembahasan dimungkinkan digabung dalam satu sub judul), (i) simpulan dan saran, dan (j) daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).
    1. Daftar rujukan disajikan mengikuti tatacara seperti contoh berikut, diurutkan secara alfabetis, dan kronologis.

    Cornet, L. dan Weeks, K. 1985. Planning Career Ladders: Lesson from the States. Atlanta, GA: Career Ladder Clearing House.

    Hanafi, A. 1989. Partisipasi dalam siaran pedesaan dan adopsi inovasi. Dalam Forum Penelitian. 1 (1) hlm. 33-47.

  7. Tatacara penyajian kutipan rujukan, tabel, dan gambar mengikuti ketentuan dalam Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Laporan Penelitian (Universitas Negeri Malang, 2012). Naskah artikel diketik dengan memperhatikan aturan penggunaan ejaan dan tanda baca yang dimuat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (Depdikbud 1987).
  8. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pem­buatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut kon­sekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel tersebut
  9. Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutama­kan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah.
  10. Untuk memudahkan komunikasi dengan penulis, penulis wajib menyertakan alamat e-mail, nomor handphone, dan alamat korespodensi.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.