PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT DAN PEMANFAATAN APLIKASI ANDROID UNTUK GURU BAHASA ARAB

Nurhidayati Nurhidayati, Imam Asrori, Mohammad Ahsanuddin, M. Wahib Dariyadi

Abstract


Dari segi sarana dan prasarana, 109 MTs di Kabupaten Bojonegoro sudah memiliki sarana-prasarana yang memadai, di beberapa madrasah fasilitas Internet juga telah tersedia, namun dalam penggunaanya belum optimal. Para guru masih sangat jarang yang memanfaatkan komputer itu untuk tujuan peningkatan pembelajaran apalagi menggunakan media pembelajaran berbasis Powerpoint dengan berbagai aplikasinya ,pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan guru-guru bahasa Arab MTs di Bojonegoro  tentang konsep media pembelajaran berbasis powerpoint, materi yang dikembangkan adalah media  pembelajaran bahasa Arab dan pembuatan video pembelajaran melalui android, metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa keterampilan para guru cukup meningkat dengan indikator bahwa produk luaran pelatihan telah memenuhi standar media yang menarik serta berpotensi dapat mempercepat pencapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran bahasa arab.

Kata kunci Media Pembelajaran, Pembelajaran inovatif, Bahasa Arab, Powerpoint

 

Abstract

In terms of facilities and infrastructure, 109 MTs in Bojonegoro already have adequate infrastructure, in some madrasah Internet facilities are also available, but the use is not optimal yet. Teachers are still very rarely using the computer for the purpose of improving learning especially using Powerpoint-based learning media with a variety of applications, this dedication is done to increase knowledge and improve the skills of Arabic MTs teachers in Bojonegoro about the concept of powerpoint-based learning media, the material developed is a medium for learning Arabic and making learning videos through Android, the method used is training and mentoring. The results of this training show that the skills of teachers have improved considerably with indicators that the training output products have met attractive media standards and can potentially accelerate the achievement of student competencies in learning Arabic.

Keywords—Learning Media, Innovative Learning, Arabic, Powerpoint


Full Text:

PDF

References


Achmad, A.M.S. (1983). Sikulujiyat al-Wasail al-Ta’limiyyah wa Wasail Tadris al-Lughah al-Arabiyyah, Kairo: Dar al-Ma’arif.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.

Killian, N. (2014). Peran Teknologi Informasi Dalam Komunikasi Antar Budaya dan Agama. Jurnal Dakwah Tabligh, 15(2), 159-176.

Asrori, I., & Ahsanuddin, M. (2015). Media Pembelajaan Bahasa Arab: dari Kartu Sederhana sampai Web Penjelajah Dunia. Malang: VC Bintang Sejahtera Press.

Permatasari, A.A. (2014). Pengaruh Penggunaan Multimedia Powerpoint Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita PendekPada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PEDAGOGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 19-23.

Srimaya, S. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biotek, 5(1), 53-68.

Saraswati, S., & Listiadi, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Computer Assisted Instruction (CAI) Menggunakan Adobe Captivate Pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Untuk Kelas XI Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(2), 254-262.

Gowasa, S., Harahap, F., & Suyanti, R. D. (2019). Perbedaan Penggunaan Media Powerpoint Dan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Retensi Memori Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD. Jurnal Tematik, 9(1), 19-27.

Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94-104.

Putri, V. R. (2019). Memaksimalkan Kompetensi Guru Melalui Fitur Kelas Maya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Inovasi Pembelajaran Jaman Now. Proceeding Iain Batusangkar, 3(1), 323-332.

Primasari, R., Zulfiani, Z., & Herlanti, Y. (2014). Penggunaan media pembelajaran di madrasah aliah negeri se-Jakarta Selatan. Edusains, 6(1), 67-72.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.