Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar di Daerah Dataran Sedang

Muhammad Luthfi Sani, Imam Hariadi

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to determine the level of physical fitness of students of SD Negeri Wajak 2 and 6. The method used in this study was descriptive quantitative and the population used was 134 students consisting of grades 2 to 6 with ages 6 to 12 years. This sampling technique uses total sampling or all subjects are used as samples by using a 20-meter sprint test instrument, shuttle run, flaminggo balance test, tapping test plate, and sit and reach. Data analysis using quantitative descriptive, from the results of data analysis that has been carried out and the discussion made, the level of physical fitness of elementary students in the plain area is entering the category of "less" as much as 38.10%, then the category of "less" 9.52%, the "moderate" category was 34.92%, the "good" category was 15.87% and the category "very good" 1.59%.

 

Keywords: Survey, Physical Fitness, Plain Area

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengtahui tingkat kebugaran jasmani siswa SD Negeri Wajak 2 dan 6. Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan populasi yang di gunakan berjumlah 134 siswa  yang terdiri dari kelas 2 sampai kelas 6 dengan usia  6 sampai 12 tahun. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan total sampling atau seluruh subjek digunakan sebagai sampel dengan menggunakan istrument tes sprint 20meter, shuttle run,   flaminggo balance test, plat tapping test,  dan sit and reach. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, dari hasil  analisis data yang sudah dilakukan  dan pembahasan yang dibuat maka tingkat kebugaran jasmani siswa SD di daerah dataran sedang memasuki kategori “kurang” sebanyak 38,10%, lalu kategori “kurang sekali” sebanyak 9,52%, kategori “sedang” sebanyak 34,92%, kategori “baik” sebanyak 15,87% dan  kategori “baik sekali”1,59%.

 

Kata kunci: Survei, Kebugaran Jasmani, Dataran Sedang


Full Text:

PDF

References


Hidayat, Syarif, 2014. Pelatihan Olahraga, Teori dan Metodologi, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muhajir. 2006. Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan. Jakarta. Erlangga.

Nurhasan. 2001. Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas.

Sukadiyanto. 2002. Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Yogyakarta: PKO FIK UNY

Sulistiono, Agus Amin. 2014. Kebugaran Jasmani Siswa Pendidikan Dasar dan Menengah di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, (Online), 2 (20):223-233, (http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/140/130), diakses 22 Mei 2019.

Tim Universitas Negeri Malang. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi. Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian (Edisi Keenam). Malang: Universitas Negeri Malang.

Wahjoedi. 2001. Landasan Evaluasi Pendidikan Jasmani. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sani, Amri. 2013. Tingkat Kebugaran Jasmani Anak Usia 6-9 Tahun Di SD Negeri Ngipik Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yogantoro, Siwi. 2016. Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Dataran Tinggi dan Daerah Pesisir. 658—660. (online), (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikanjasmani/issue/archive), diakses 25 oktober 2018.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Tes Kesegaran Jasmani Indonesia. Jakarta: Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani.

Kurvad AV, Swaminathan S, Bhat S. (2004). IAP National Task Force For Childhood Prevention Of Adult Disease: The Effect Of Childhooh Physical Activity On Prevention Of Adult Disease. Indian Pediatrics; 41: 37-62.

Ibrahim Rusli, 2001. Landasan Psikologis Pendidikan Jasmai di Sekolah Dasar, Jakarta : Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Journal of Sport and Physical Education
ISSN : 2714-6693(online)

Email: ijspe.journal@um.ac.id

Indonesia Journal of Sport and Physical Education is indexed by:

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License