PENGEMBANGAN MEDIA iSPRING SUITE 8 DENGAN MODEL THINK PADA MATA KULIAH GENETIKA
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Think berbasis media I Spring suite 8 bagi mahasiswa Pendidikan Biologi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Pengembangan media pembelajaran menggunakan metode Research and Development (R & D) dengan model 4 D (Define, Design, Develop, dan Dessiminate). Penelitian ini dimulai dari tahap define yaitu mengidentifikasi konsep-konsep material yang harus terkandung dalam media. Mendesain lebih lanjut model pembelajaran Think berbasis media pembelajaran I Spring suite 8. Setelah media dirancang dan dibuat maka dilakukan tahap pengembangan yaitu validasi produk oleh ahli dan uji coba produk pada proses perkuliahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas ahli materi dalam kriteria valid dengan persentase 88 persen, hasil validitas ahli media dalam kriteria valid dengan persentase media pembelajaran sebesar 89 persen. Dari uji kelayakan diperoleh hasil uji kelayakan. Disimpulkan bahwa media termasuk dalam kategori sangat baik.
Asbtract. This study aims to develop I Spring suite 8 learning media based Think learning model for Biology Education college students. The type of this research was Research and Development. The development of learning media uses the Research and Development (R & D) method with the 4 D model (Define, Design, Develop, and Dessiminate). This research starts from the define stage that was identificatethe material concepts that must be contained in media. Furthermoredesign the I Spring suite 8 learning media based Think learning model. After media has been designed and created, the development stage was carried out, namely product validation by experts and product testing in the lecture process. The results showed that the validity of the material experts was in valid criteria with the percentage of 88 percent, the results of validity by media experts were in valid criteria with the percentage of learning media as much as 89percent. From the feasibility test, it was concluded that the media is included in the categoryvery good.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kusuma, NR., Mustami, MK., & Jumadi, O. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Power Point Ispring Suite 8 Pada Konsep Sistem Ekskresi Di Sekolah Menengah Atas. http://eprints.unm.ac.id/9708/1/artikel%20semnasku%20-%20Copy.pdf.
Hartanto, W. 2016. Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Ilmi Sosial Vol 10, Issue 1.
Rahmawati, EM. & Mukminan. 2017. Pengembangang M-Learning Untuk Mendukung Kemandirian Dan Hasil Be-lajar Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 4, No 2, October 2017 (157-166). Online: Http://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jitp.
La Misu, Lukito, A., Hasnawati& Utu Rahim, U. 2019. Profile of Metacogni-tion of Mathematics Education Students in Understanding the Concept of Inte-gral in Category Classifying and Sum-marizing. International Journal of In-struction, 12(3), 481-496.
Masfufah, D. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning (M-Learning) Berbasis Android Pada Mater Virus untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Skripsi tiak diterbitkan. Program Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogtakarta.
Majid, A. 2012. Mobile Learning. Makalah tidak diterbitkan, Sekolah PascaSarjana (S3), Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Warsita, B. 2010.Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran yang Efektif dan Inovatif. Jurnal Teknodik, XIV(1); 62-73.
Hernawati, K. 2010. Modul Pelatihan iSpring Presenter. Disampaikan dalam Kegiatan PPM dengan judul: Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Perangkat Lunak Ispring Presenter Bagi Guru Sekolah Menengah pada Tanggal 23 Juli 2010 di Laboratorium Komputer Jurdik Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogya.
Pritakinanthi, AS. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan iSpring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VIII SMP Negeri 37 Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v12i2p108-113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262
E-mail: jpb.journal@um.ac.id
Web: s.id/JPB