PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL ESSAY TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI STRUKTUR JARINGAN DAN FUNGSI ORGAN PADA TUMBUHAN KELAS XI SMAN 1 TUMPANG

M. Hisyam Baidlowi, Sunarmi Sunarmi, Sulisetijono Sulisetijono

Abstract


Kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher order thinking skills /HOTS) penting bagi siswa untuk memenuhi kompetensi abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji validitas, kepraktisan,  reliabilitas, dan keefektifan instrumen tes kognitif tipe HOTS, RPP, dan LKS materi struktur jaringan dan fungsi organ pada tumbuhan. Produk dikembangkan dengan model ADDIE. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu produk sangat valid, sangat praktis, reliabel, dan efektif dalam mengukur dan melatih HOTS. Saran dari penelitian ini yaitu produk perlu dikembangkan pada materi lain, memperbanyak jumlah subjek uji coba, ditambahkan dimensi proses, dan ditambahkan gambar tangan.

Keywords


soal essay; HOTS; jaringan dan fungsi organ

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Basuki & Hariyanto. 2016. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Branch, R.M. 2009. Instructional Design The ADDIE Approach. New Yowk: Springer.

Heong, Y.M., Othman, W.D., Yunos, J., Kiong, T.T., Hassan, R., & Mohamad, M.M. 2011. The Level Of Marzano Higher Order Thinking Skills Among Technical Education Student. International Journal Of Social And Humanity,1(2), 121-125.

Iskandar, H. 2015. Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Permendikbud No.66 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lewy, Zulkardi, & Nyiman A. 2009. Pengembangan Soal untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 14-28.

Nafiah, Y. N. 2014. Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. 4(1): 128-131.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rindell, A. J. A. 1999. Applying Inquiry-Based and Cooperative Group Learning Strategies to Promote Critical Thinking. Journal of College Science Teaching (JCST) 28(3): 203-207.

Singarimbun & Sofian. 2008. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suparno, P. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Walid, A., Sajidan, & Murni R. 2015. Penyusunan Instrumen Tes Kognitif High Order Thinking Skills pada Siswa SMA Kelas XI Materi Sistem Reproduksi. Lingkungan, Biologi, Sains, dan Pembelajarannya, 12(1): 371-377.

Wheeler, S. 2002. Dual-Mode Delivery of Problem-Based Learning: A Constructivist Persfektif. (Online) http: //searchyahoo. com/ search?p= problem+based+learning. Diakses 4 September 2018.

Widana, I. W. 2017. Modul Penyusunan Soal HOTS. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v10i2p57-65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats