PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL ESSAY TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI STRUKTUR JARINGAN DAN FUNGSI ORGAN PADA TUMBUHAN KELAS XI SMAN 1 TUMPANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Basuki & Hariyanto. 2016. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Branch, R.M. 2009. Instructional Design The ADDIE Approach. New Yowk: Springer.
Heong, Y.M., Othman, W.D., Yunos, J., Kiong, T.T., Hassan, R., & Mohamad, M.M. 2011. The Level Of Marzano Higher Order Thinking Skills Among Technical Education Student. International Journal Of Social And Humanity,1(2), 121-125.
Iskandar, H. 2015. Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Permendikbud No.66 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lewy, Zulkardi, & Nyiman A. 2009. Pengembangan Soal untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 14-28.
Nafiah, Y. N. 2014. Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. 4(1): 128-131.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rindell, A. J. A. 1999. Applying Inquiry-Based and Cooperative Group Learning Strategies to Promote Critical Thinking. Journal of College Science Teaching (JCST) 28(3): 203-207.
Singarimbun & Sofian. 2008. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.
Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suparno, P. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Walid, A., Sajidan, & Murni R. 2015. Penyusunan Instrumen Tes Kognitif High Order Thinking Skills pada Siswa SMA Kelas XI Materi Sistem Reproduksi. Lingkungan, Biologi, Sains, dan Pembelajarannya, 12(1): 371-377.
Wheeler, S. 2002. Dual-Mode Delivery of Problem-Based Learning: A Constructivist Persfektif. (Online) http: //searchyahoo. com/ search?p= problem+based+learning. Diakses 4 September 2018.
Widana, I. W. 2017. Modul Penyusunan Soal HOTS. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v10i2p57-65
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262
E-mail: jpb.journal@um.ac.id
Web: s.id/JPB