PENGARUH GROUP INVESTIGATION BERBASIS SIGIL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

Budi Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran investigasi kelompok berbasis sigil dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 di SMA Negeri 61 Jakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA sebanyak 140 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Kelas yang digunakan sebanyak 4 kelas, dua kelas yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran investigasi kelompok berbasis sigil metode diskusi kelompok dan dua kelas diajarkan menggunakan strategi pembelajaran investigasi kelompok berbasis sigil metode ceramah. Instrumen yang digunakan pada penelitian berupa tes hasil belajar biologi dan kuesioner motivasi belajar siswa. Uji normalitas data menggunakan uji Kolmogorov Smirnov, hasilnya adalah Dmax < Dtabel artinya semua data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Bartlett yaitu X2hitung sebesar 2,02 dan  X2tabel  sebesar 7,81 ,karena X2hitunglebih kecil dari nilai X2tabel  maka semua sampel berasal dari populasi yang mempunyai variansi homogen. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalan. Hasil penelitian menunjukan: 1) terdapat pengaruh strategi pembelajaran investigasi kelompok berbasis sigil dengan metode diskusi kelompok vs ceramah terhadap hasil belajar siswa; 2) terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar biologi; 3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran investigasi kelompok berbasis sigil dengan metode diskusi kelompok vs ceramah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa.

Keywords


Group Investigation, Sigil, hasil belajar biologi

Full Text:

PDF

References


Amalia. 2017. Sofware Sigil. Jakarta:Elex Media Komputindo.

Amal S. Al-Badi. 2014. “Open Source Software (OSS) in Higher Education”: Oman SQU Case Study. World Academy of Science, Engineering and Technology. International Journal of Educational and Pedagogical Sciences. Vol:8, No:8.

Anne Jordan, Orison dan Annetta Stack. 2008. Approaches to Learning. New York: McGraw-Hill. Open /University Press.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Basri, Hasan. 2015. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Coon and O.Mitter. 2012. Educational Psychology. New York: McGraw-Hill. Open University Press.

Deni, 2014. Multimedia for Learning. Bandung: Pustaka Setia.

Dian. 2017. Desain multimedia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dymiati dan Mudjion. 2000. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik. 2004. Evaluasi Hasil Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Hartati, Neneng. 2017. Statistika untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Pustaka Setia

Hung Lin, Ming. 2016. “ A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome”. Tung-Fang Design Institute. EURASIA journal of mathematic science and technology education. Taiwan.

Ibrahim R, Syaodih S Nana. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Jantz, Carrie. 2010. “Motivasi belajar and Online Developmental Student Success”. Department of Student Success. Kaplan University MERLOT. Journal Online Learning and Teaching Vol. 6, No. 4.

Joyce Bruce. Et al. 2000. Models of Teaching. 6th Ed. Allyn & Bacon: London

Karwono dan Heni. 2017. Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Raja Grafindo Persada.

Komara, Endang. 2016. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama

Lahey. 2012. Educational Psychology. New York: McGraw-Hill. Open /University Press.

Maharani. 2015. Efektifitas penggunaan E-Book dengan Sigil untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis. Universitas Negeri Surabaya

Miftahul Huda, 2011. Belajar dan Proses Pembelajaran Aktif. Jakarta: Bumi Aksara

Munir. 2012. Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nasution. S. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ormrod. 2009. Psikologi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama

Pintrich. 2010. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Purba. Asmariati. 2017. “ Comparison of motivation and student’ learning achievements by using e-learning based schoology and powerpoint on biology material. International journal of humanities social sciences and education. Vol. 4.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Putrawan, I.M. 2017. Pengujian Hipotesis dalam Penelitian. Bandung: Alfabeta

Putri, Dinar. 2017. Aplikasi Sofware Open Source. Bandung: Pustaka Setia.

Ramdania. 2013. Multimedia Open source. Bandung: Pustaka Setia.

Rusman. 2012. Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Jakarta: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi pembelajaran Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Simon. 2000. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Edisi Revisi, Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Subana, dkk. 2015. Statistika Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Teddy. 2016. Digital Book. Bandung: Pustaka Setia.

Trianto. 2009. Model-model pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Wahab, Rohmalia. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Wena, Made. 2016. Strategi pembelajaran Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara

Winkel. 2014. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Sketsa




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v11i1p11-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats