PENDAMPINGAN PEMBENTUKAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAHAN DESA SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN GOOD VILLAGE GOVERNANCE

Muhammad Mujtaba Habibi, Didik Sukriono, Desinta Dwi Rapita, Sudirman Sudirman

Abstract


Kegiatan pendampingan dala artikel ini bertujuan untuk membantu dalam pembentukan standar pelayanan publik pemerintahan desa di kecamatan sumberpucung kabupaten Malang. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah Participatory Action Research (PAR) yang dilaksanakan dengan beberapa tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Terdapat permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah Desa Kecamatan Sumberpucung antara lain Belum tersusun dan terbentuknya standar pelayanan publik publik di Pemerintahan; Desa-desa di Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang  dan masyarakat belum memahami mekanisme penyusunan dan pembentukan standar pelayanan publik; Rendahnya kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di Pemerintahan Desa Kecamatan Sumbepucung Kabupaten Malang. Dari permasalahan yang ada maka ditindaklanjuti dengan pelaksanaan workshop pembuatan standar pelayanan publik dan pendampingan pelaksanaan pelayanan publik di setiap desa di Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Hasil dari pelaksanaan tersebut menjadikan Peserta workshop dapat membuat peraturan Standar Pelayanan Publik yang sesuai dengan kaidahnya dan mulai mempraktekkan di Pemerintahan Desa masing-masing.


Keywords


Standar Pelayanan Publik; Pemerintahan Desa; Good Village Governance

Full Text:

PDF

References


Abdul Mukthie Fadjar, “Keprihatinan Memudarnya Penegakan Hukum dan Kewibawaan Hukum Di Indonesia”, Makalah disampaikan pada serasehan Forum Doktor, Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, 30 Juni 2011.

Agung Hendarto, Nizar Suhendra, Good Governance dan Penguatan Institusi Daerah, Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI), Jakarta, 2002.

Agus Dwiyanto (et.al), Kinerja Tata Pemerintahan Daerah di Indonesia, PSKK UGM Bekerjasama dengan kemitraan, Yogyakarta, 2007.

Al Hakim, S., Habibi, M. M., & Sudirman, S. (2016). Implementasi Kebijakan Remunerasi

dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik. 2 (3).

C.F.G. Sunaryati Hartono, Panduan Investigasi Untuk Ombudsman Indonesia, Jakarta, 2003.

Chambliss William J., dan Robert B. Seidman, Law, Order and Power, Addison-Westley, Mass, 1971.

Habibi, Muhammad Mujtaba. 2015. Analisis Pelaksanaan Desentralisasi Dalam Otonomi

Daerah Kota/Kabupaten. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarga negaraan, Th. 25, Nomer 2, Agustus 2015, hal. 117-124

Huntington, Samuel P. dan Joan Nelson, Partisipasi Politik di Negara Berkembang, Rineka Cipta, Jakarta, 1994.

Erwan Agus Purwanto dan Wahyudi Kumorotomo, Birokrasi Publik dalam Sistem Politik Semi Parlementer, Gava Media, Yogyakarta, 2005.

Jimly Asshiddiqie, Konstitusi dan Konstitusionalisme Indonesia, Jakarta, Konstitusi Press, 2005.

M. Ryaas Rasjid, Desentralisasi Dalam Menunjang Pembangunan Daerah Dalam Pembangunan Administrasi di Indonesia, Pustaka LP3ES, Jakarta, 1998.

MP3 Masyarakat Peduli Pelayanan Publik, Ada Apa dengan UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik?, Yayasan TIFA, Jakarta.

Satjipto Rahardjo, Penegakan Hukum Suatu Tinjauan Sosiologis, Penerbit Genta Publishing, Yogjakarta, 2009.

Sirajjudin, Didik Sukriono dan Winardi, Hukum Pelayanan Publik Berbasis Partisipasi dan Keterbukaan Informasi, Setara Press (Kelompok Insrans Publishing), Malang, 2011.

Soedjono Dirdjosisworo, Pengantar Ilmu Hukum, CV. Rajawali, Jakarta, 1984.

Solly Lubis, Politik dan Hukum di Era Reformasi, CV. Mandar Maju, Bandung, 2000.

Kompas, “Kerusakan Moral mencemaskan”, 20 Juni 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v0i0p19-27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index
email: jpds.journal@um.ac.id

JPDS Indexed By:

          

E-ISSN 2655-2469


Creative Commons License

JPDS is under licensed by CC BY 4.0.

View JPDS Stats