PEMBERDAYAAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENGAKSES OPEN ACCESS SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN CAPABILITY LEARNER

Rizqi Fajar Pradipta, Ence Surahman, Umi Safiul Ummahh

Abstract


Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini merupakan upaya kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dalam bentuk  pelatihan bagi siswa – siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Putra Mandiri Kabupaten Sidoarjo.  Hal ini dikarenakan permasalahan siswa berkebutuhan khusus telah memiliki keterampilan, namun tidak memahami tindak lanjut atas apa yang telah mereka miliki tersebut. Sebagai contoh siswa telah mampu mengusai cara membuat keset, kemudian mereka tidak mengerti cara memasarkan produk mereka. Kemudian untuk make up saat ini banyak sekali teknik make up yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Oleh karena itu sesuai dengan definisi dari capability learner atau kapabilitas pebelajar dimana mereka tidak hanya memiliki satu kemampuan namun beberapa kemampuan guna mendukung satu skill yang telah dimiliki dengan baik. Pada akhir kegiatan pemberdayaan ini diharapkan siswa Sekolah Luar Biasa Putra Mandiri Kabupaten Sidoarjo agar memiliki kapabilitas sehingga dapat terwujud untuk menjadi figur yang mandiri dan memiliki kecapakan hidup yang baik.


Keywords


Siswa Berkebutuhan Khusus; Open Access System; Capability, Learner

Full Text:

PDF

References


Baker, W. E., & Sinkula, J. M. (2005). Environmental marketing strategy and firm performance: Effects on new product performance and market share. Journal of the academy of marketing science, 33(4), 461.

Dick, W. (1991). An instructional designer's view of constructivism. Journal of Educational Technology, 31(5), 41-44.

Gasong, D. (2018). Belajar dan pembelajaran. Deepublish.

Jerez-Gomez, P., Cespedes-Lorente, J., & Valle-Cabrera, R. (2005). Organizational learning capability: a proposal of measurement. Journal of business research, 58(6), 715-725.

Mat, A., & Razak, R. C. (2011). The influence of organizational learning capability on success of technological innovation (product) implementation with moderating effect of knowledge complexity. International Journal of Business and Social Science, 2(17).

Setiawan, E. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online-Definisi Kata Interaktif.

Winter, S. G. (2000). The satisficing principle in capability learning. Strategic management journal, 21(10‐11), 981-996.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v2i2p62-67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index

JPDS Indexed By:

           

E-ISSN 2655-2469


Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,

View JPDS Stats