PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK INTERNALISASI KARAKTER WIRAUSAHA DI PENDIDIKAN TINGGI

Rizky Dwi Putri, dkk

Abstract


Indonesia mendapatkan bonus demograsi selama rentang waktu 2020 – 2035. Sebagai sumberdaya pembangunan, kelompok usia produktif tersebut dituntut untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan sehingga memiliki daya saing dan dapat berkontribusi dalam perekonomian. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia dilakukan dengan melaksanakan pendidikan kewirausahaan untuk kelompok terdidik di pendidikan tinggi. Implementasi pendidikan kewirausahaan berbasis lesson study dalam penelitian ini menunjukkan hasil yang positif meningkatkan minat dan semangat untuk mencetak manusia yang kreatif dan inovatif, kompeten dan berdaya saing tidak hanya sebagai entrepreneur tetapi juga sebagai intrepreneur ketika disajikan dalam pembelajaran kolaboratif Project Based Learning, Problem Based Learning, dan permainan yang tidak hanya mampu menginternalisasikan karakter wirausaha, tetapi juga aktualisasi pengetahuan dan keterampilan wirausaha.


Full Text:

PDF

References


Adnyana, I Gusti Lanang Agung dan Ni Made Purnami. 2016. Pengaruh Kewirausahaan, Self Efficacy dan Locus of Control Pada Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.2, 2016: 1160-1188.

Anggis, Eka Vasia. 2015. Penerapan Model Koopertif Jigsaw Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Mahasiswa Di Universitas Negeri Malang. Jurnal: Gema Wiralodra Vol. VII No. 1 Juni 2015.

Antoncic, B. and Hisrich, R.D. (2003), Clarifying the Intrapreneurship Concept, Journal of Small Business and Enterprise Development; 10 (1), pp 7-24.

DeKlerk, G.J. and Kruger, S. (2002). The driving force behind entrepreneurship: An

exploratory perspective. (Online, (http://www.kmu.unisg.ch/recontres/bond2002/F_04_deKlerl.pdf diakses 11 Maret 2010)

Manion, Jo. (2001). Enhancing Career Marketability through Intrapreneurship. Nurs Admin Q., 25(2), pp 5-10.

Manion, Jo. (2001). Enhancing Career Marketability through Intrapreneurship. NursAdmin Q., 25(2), pp 5-10.

Slavin, R. E (1995) Cooperative learning. Second edition. Boston:Allyn and Bacon.

Susilaningsih (2015) Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi: Pentingkah untuk Semua Profesi?. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015.

Suwarni (2016) Prestasi Belajar dan Praktik Kewirausahaan di Sekolah Mempengaruhi Minat Berwirausaha Siswa Setelah Lulus SMK. Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper RIEE 2016 “Strategi Pembelajaran Kewirausahaan untuk Membentuk Wirausaha Tanguh dan Berdaya Saing Tinggi”.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Image result for google scholar  Info Jurnal Pendidikan Ekonomi   Info Jurnal Pendidikan Ekonomi    

Flag Counter

 

View My Stats