Hubungan multiple intelligences pada unsur intrapersonal dengan IPK mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang

Mustika Arif Jayanti, Achmad Maulana Malik Jamil

Abstract


This study aimed to know the correlation between intrapersonal intelligence and Geography Education students’ GPA from Kanjuruhan University from class 2015 of Kanjuruhan Malang University. This study used quantitative approach with the type of, correlational research. The independent variable was intrapersonal intelligence and the dependent one was students’ GPA. The subject for this study were Kanjuruhan University students of class 2015, Malang. The samples for this study ware 200 students. The result showseds that there were a positive correlation between intrapersonal intelligence and Geography Education students’ GPA from Kanjuruhan University of class 2015, Malang, shown by r hitung equals 0,990 and r tabel with N = 200 by the significance of 5% equals 0,138. So r hitung > r  tabel (0,990 > 0,138). This result categorized as a high correlation. There is a correlation between intrapersonal intelligence and Geography Education students’ GPA from Kanjuruhan University of class 2015, Malang.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan intrapersonal dengan IPK mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang Angkatan 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini variabel bebas yaitu kecerdasan intrapersonal dan variabel terikat yaitu IPK mahasiswa. Subjek penelitian ini mahasiswa angkatan 2015 Pendidikan Grografi Universitas Kanjuruhan Malang. Sampel penelitian yaitu 200 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara kecerdasan intrapersonal dengan IPK mahasiswa angkatan 2015 Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang yang dapat ditunjukkan dengan harga r hitung sebesar 0,990 sedangkan r tabel dengan N = 200 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,138 sehingga r hitung > r  tabel (0,990 > 0,138). Hasil penelitian ini termasuk dalam kategori korelasi tinggi. Ada hubungan positif antara kecerdasan intrapersonal dengan IPK mahasiswa Pendidikan Geografi.

 DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v24i22019p119


Keywords


Multiple Intelligences, Unsur Intrapersonal, IPK mahasiswa Pendidikan Geografi

Full Text:

PDF

References


Anni, C. T., & dkk. (2005). Psikologi belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.

Ardiman. (2016). Pengembangan multiple intelegence melalui pembelajaran integratif berbasis games (model integrasi bimbingan dalam proses pembelajaran sebagai upaya mengembangkan berbagai potensi kecerdasan siswa). Jurnal EDUKASI (Media Kajian Bimbingan Konseling), 107-129.

Armstrong, T. (2003). Sekolah para juara. (Yudhi Murtanto, Penerjemah). Bandung: Kaifa.

Armstrong, T. (2013). Kecerdasan multiple di dalam kelas. Jakarta: Indeks.

Astuti, W. T. (2016). Pembelajaran anak usia dini berbasis multiple intelligences di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, 257-276.

Ayesha, B., & Khurshid, F. (2013). The relationship of multiple intelligence and effective study skills with academic achievement among university students. Global Journal of Human Social Science Linguistics & Education, 21-32.

Beckman, M. (2003, - -). Multiple ways of knowing: Howard Gardner's theory of multiple intelligences extend and enhance student learning. Retrieved from Earlychildhood NEWS: http://www.earlychildhoodnews.com/earlychildhood/article_view.aspx?ArticleID=19.

Budiningsih, A. (2005). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

DeFleur, M. D., & Ball-Rokeach. (1975). The process and effects of mass communication. New York: Longman.

Gilakjani, A. P. (2012). Visual, auditory, kinaesthetic learning styles and their impacts on English language teaching. Journal of Studies in Education, 104-113.

Gunawan, A. W. (2007). Born to be a genius. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamzah, A. (2009). Teori multiple intelligences dan implikasinya terhadap pengelolaan pembelajaran. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 251-261.

Hoerr, T. (2007). Buku kerja multiple intelligences. Bandung: Penerbit Kaifa.

Irwansyah, D. (2015). Hubungan kecerdasan kinestetik dan interpersonal serta intrapersonal dengan hasil belajar pendidikan jasmani di MTSN Kuta Baro Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 92-107.

Jasmine, J. (2007). Panduan praktis mengajar berbasis multiple intelligences. Bandung: Nuansa.

Lukman, Arifin, A., & Patahuddin. (2015). Hubungan inteligensi jamak (multiple intelligences) dengan hasil belajar ekonomi akuntansi ranah kognitif siswa SMA Negeri 1 Watansoppeng. Jurnal Riset Asessmen, 1-10.

Mohamad, S. N., & dkk. (2013). A self-perceived analysis of students intelligence and academic achievement. Australian Journal of Basic and Applied Science, 51-55.

Qomarudin, M., Mustafa, & Basir, M. A. (2018). Pengembangan model pembelajaran adaptive berdasarkan teori kecerdasan majemuk. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 69-76.

Raharjo, A. T. (2010). Hubungan antara multiple intelligence dengan prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Malang. Jurnal Psikologi Tabularasa, 311-322.

Rofiah, N. H. (2016). Menerapkan multiple intelligences dalam pembelajaran di sekolah dasar. DINAMIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 68-79.

Selaras, G. H., Anhar, A., & Sumarmin, R. (2013). Hubungan multiple intelligences dengan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN di kota Padang. Kolaboratif, 22-34.

Septiani, V. (2013). Hubungan kecerdasan intrapersonal dengan kemampuan berbicara siswa. Bandung: UPI.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Subqi, I. (2013). Pentingnya kecerdasan intrapersonal dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 185-199.

Uno, H., & Kuadrat, M. (2009). Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v24i22019p119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Free counters!

Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,


JPG Indexed By:

               

View My Stats