HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PERSALINAN DENGAN KEPUASAN IBU BERSALIN DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK (RSIA) SRIRATU MEDAN TAHUN 2019

Desi Lustiyani Putri Ndruru, Herbert Wau, Putranto Manalu

Abstract


Pembangunan kesehatan adalah upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, serta kemampuan setiap orang untuk dapat berperilaku hidup sehat untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.Layanan kesehatan yang berkualitas adalah layanan kesehatan yang efisien, sebaliknya layanan kesehatan yang kurang atau tidak bermutu adalah akan membuat layanan organisasi menjadi sangat boros dan mengelurkan biaya yang mahal. Berdasarkan hasil survei awal yang telah dilakukan, data kunjungan ibu bersalin di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Sri Ratu Medan dalam 3 tahun terakhir menunjukan angka yang menurun pada tahun 2015 sebanyak 681 ibu bersalin, tahun 2016 sebanyak 573 ibu bersalin, tahun 2017 sebanyak 505 ibu bersalin. Hal ini dikarenakan sudah banyaknya persaingan antar rumah sakit mengenai kualitas pelayanan persalinan yang cukup memberikan kepuasan bagi ibu bersalin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan persalinan dengan kepuasan ibu bersalin di RSIA Sri Ratu Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien ibu bersalin di RSIA Sri Ratu Medan dengan jumlah sampel 83 orang. Analisis dengan menggunakan uji chi square dengan α<0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai p-value antara bukti fisik (p-value 0,001), kehandalan (p-value 0,000), daya tanggap (p-value 0,001), jaminan (p-value 0,115), perhatian (p-value 0,243) terhadap kepuasan ibu bersalin di RSIA Sri Ratu Medan. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara bukti fisik, kehandalan, daya tanggap terhadap kepuasan ibu bersalin dan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara jaminan dan perhatian terhadap kepuasan Ibu Bersalin di RSIA Sri Ratu Medan.

Keywords


Bukti fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, PerhatianKepuasan Ibu Bersalin

Full Text:

PDF

References


Asmuji, 2012. Manajemen Keperawatan: Konsep dan Aplikasi. Arruzz Media, Yogyakarta.

Haposanita, R., Jati, Sutopo, P., Suparwati, A., 2014. Hubungan Antara Persepsi Ibu Hamil Tentang Mutu Pelayanan Antenatal Dengan. J. Kesehat. Masy. 2, 157–162.

Kahar, A.W., Palu, B., Raodhah, S., 2017. Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Barru Sulawesi Selatan Tahun 2017. Al-Sihah Public Heal. Sci. J. 9, 112–127.

Kementerian Kesehatan RI, 2018. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI, 2011. Riset Kesehatan Dasar 2010. Jakarta.

Legatum Institute, 2018. The Legatum Prosperity Index 2017 [WWW Document]. URL https://www.prosperity.com/rankings (accessed 11.11.18).

Nazariah, Marianthi, D., 2016. Tingkat Kepuasan Ibu Post Partum Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. Jurnail Ilm. Mhs. Fak. Keperawatan 1, 1–7.

Nurpahmi, I., Emilia, 2016. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Ibu Hamil Terhadap Kualitas Pelayanan Antenatal Care Di Puskesmas Kelurahan Cibubur Kecamatan Ciracas Bulan Juni Tahun 2015 8, 35–40.

Nwaeze, I.L., Enabor, O.O., Oluwasola, T.A.O., Aimakhu, C.O., 2013. Nigeria 2017 Ibadan. Ann. Ibadan Postgrad. Med. 11, 22–28.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A., Berry, L.L., 1994. Reassessment of Expectations as a Comparison Standard in Measuring Service Quality: Implications for Further Research. J. Mark. 58, 111. https://doi.org/10.2307/1252255

Pohan, I., 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. EGC, Jakarta.

Putri, A., Herawati, S., Mustika, D.N., 2015. Gambaran Tingkat Kepuasan Ibu Bersalin Tentang Pelayanan Persalinan Program Jampersal Di BPM Yulia Kota Semarang. J. Kebidanan Univ. Muhammadiyah Semarang 2.

Ramez, W., 2012. Patients’ perception of health care quality, satisfaction and behavioral intention: an empirical study in Bahrain. Int. J. Bus. Soc. Sci. 3, 131–141.

Reinissa, A., Indrawati, F., 2017. Persepsi Ibu Nifas tentang Pelayanan Postnatal Care dengan Kunjungan Ulang. Higeia J. Public Heal. 1, 109–119.

Sudian, T., 2012. Hubungan Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Cut Mutia Kabupaten Aceh Utara. J. Kesehat. Masy. 1–10.

Tjiptono, F., 2006. Manjemen Jasa. Andi Publisher, Yogyakarta.

Zahruli, 2006. Pendekatan Mutu dan Kepuasan Dalam Pelayanan Kesehatan. UNHAS, Medan.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um044v4i2p99-109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Desi Lustiyani Putri Ndruru, Herbert Wau, Putranto Manalu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Preventia , ISSN: 2528-3006 (online), ISSN: 2528-2999 (cetak) email: jurnalpreventia@um.ac.id

Jurnal Preventia: Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia diindeks oleh:

     

 

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats