ANALISIS KEBUTUHAN GURU DALAM PENGIMPLEMENTASIAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR

Nurcholis Sunuyeko, Ahmad Lani, Lilik Wahyuni

Abstract


2013 Curriculum. The study was a survey and need assessment study. The data were obtained through observation, questionnaire, in-depth interview, and focusing group discussion (FDG). The data, later, were analysed in the qualitative and quantitative analysis. The result of the study showed that Malang’s primary school teachers’ needs are: 1) standard materials to socialize 2013 Curriculum, 2) guidelines in the form of document, 3) in-depth training, 4) detailed explanation of 2013 Curriculum, 5) socialization or training for all primary school teachers, 6) re-explanation for teacher better understanding, and 7) special training on evaluation.

Keywords: analysis of teacher need, implementation, 2013 Curriculum, primary school.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendapatkan peta kebutuhan guru SD Kota Malang dalam pengimplementasian Kurikulum 2013. Penelitian menggunakan rancangan survey dan need assesment. Teknik pengumpulan data observasi, angket, wawancara mendalam, dan focusing group discussion (FDG). Analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan guru SD kota Malang adalah (1) bahan sosialisasi kurikulum 2013 yang baku, (2) panduan dalam bentuk dokumen, (3) pelatihan yang mendalam, (4) penjelasan yang lebih rinci tentang kurikulum 2013, (5) pembinaan atau sosialisasi kepada semua guru, (6) penjelasan ulang agar guru bisa memahami dengan lebih baik, dan (7) pelatihan khusus tentang cara mengevaluasi.

Kata kunci: analisis kebutuhan guru, pengimplementasian, kurikulum 2013, SD.


Full Text:

PDF

References


Bourdieu, P. 1994. Language and Symbolic Power. Cambridge, Massachusetts: Harvard University Press.

Buchory, M.S. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. 22(1): 1-8.

Fimbay, M. F. A. 2011. Implementasi Kebijakan Sistem Informasi Manajemen Pendapatan Daerah (SIMPATDA) Pada Dinas Pendapatan Daerah (DISPENDA) Kota Bandung Dalam Mengingkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandung. (Online). (http://elib.unikom.ac.id/files/ disk1/ 548/jbptunikompp-gdl-miftahfauz-27394-3-babii.pdf.) diakses 7 September 2014

Imron, A. 2012. Proses Manajemen Mutu Sekolah Dasar Berbasis Relegi. Jurnal Sekolah Dasar. 21(2):27-38.

Maisyaroh. 2015. Lesson Study Sebagai Teknik Pembinaan Kemampuan Guru dalam Pembe-lajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan. 42(1): 33-38.

Mapiare, A. 2012. Bimbingan Konseling pada Pendidikan Dasar dalam Perspektif Perkem-bangan Sosial Budaya Komtemporer. Jurnal Sekolah Dasar. 21(2):31-42.

Mulyasa, H.E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosda.

Nurdin. 2012. Manajemen Pengembangan Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karater Bangsa. Jurnal Sekolah Dasar. 22(2):43-52.

Riana. A. 2012. Kurikulum 2013 Justru Tak Lagi Buat Guru Repot. (Online). (http://edukasi. kompas.com) diakses 25 Pebruari 2013.

Riana. A. 2012. Sulit Terapkan Kurikulum 2013 Tanpa Persiapan Guru. (Online). (http://edukasi. kompas.com) diakses 25 Pebruari 2013.

Rochintaniawati, D., Wulan, A. R., & Sriyati, S. 2009. Kebutuhan Guru Sekolah Dasar di Cimahi dan Kabupaten Bandung dalam Melangsungkan Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian. 10(2):1-11.

Sukardi, M. 2013. Penerapan Bimbingan Guru dalam Proses Belajar Mengajar di SDLB. Jurnal Sekolah Dasar. 22(1).

Sunandar, A. 2006. Analisis Perencanaan Kebutuhan Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan. 1(2):1-13.

Wiyono, B. B. 2015. Pengaruh Kualitas Sekolah Terhadap Semangat Kerja Guru dalam Melaksanakan Tugas. Jurnal Ilmu Pendidikan. 42(2):1-2.

Viva News. 2014. DPR Menilai Pelaksanaan Kurikulum 2013 Amburadul: Masih kurangnya sarana dan prasarana penunjang.(Online). (http://politik. news .viva.co.id) diakses 7 September 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v25i12016p018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sekolah Dasar:Kajian Teori dan Praktik Pendidikan



Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats