TRADISI NYANYIAN ANAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA SEKOLAH DASAR
Abstract
Abtract: The objectives of this study are to (1) obtain an objective description of local wisdom in the form of children folk song; (2) identify folk song within children’s game in Sumenep; and (3) examine children’s game folk song as a media to develop children’s character as well as the stimulus for the development of motoric, social emotional, cognitive, and language. This research is a qualitative design using ethnography. Children’s traditional games in Saronggi are ti`titti` liya` liyu`, ko-soko bucang, kotana mera, jang kolajang, cong-koncong konce. In addition, in West kerta Village the children games are Tan-Pangantanan and Pesapean Pappa while in Juruan Daya Village are Ker-Tanongker and Pa’ Opa’ Eling.
Keywords: local wisdom, traditional games, children character, elementary school
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah: (1) memperoleh deskriptif objektif kearifan lokal permainan tradisional yang dinyanyikan anak-anak; (2) mengidentifikasi permianan tradisional yang dinyanyikan di Sumenep; dan (3) mengkaji permainan tradisional yang dinyanyikan sebagai media pembentukan karakter anak sekaligus sebagai stimulus perkembangan fisik motorik, sosial emosional, kognitif dan bahasa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis etnografi. Permainan anak tradisional yang terdapat di Desa Saronggi adalah ti`titti` liya` liyu`, ko-soko bucang, kotana mera, jang kolajang, cong-koncong konce. Permainan anak tradisional lainnya seperti Tan-Pangantanan dan Pesapean Pappa terdapat di Desa Kerta Barat dan permainan Ker-Tanongker dan Pa’ Opa’ Eling terdapat di Desa Juruan Daya.
Kata kunci: kearifan lokal, permainan tradisional, karakter anak. SD
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. 2014. Model Pendidikan Karakter yang Baik (Studi Lintas Situs Bests Practices) Pendidikan Karakter di SD. Jurnal Sekolah Dasar. 23(2):139-151.
Badeni, Saparahayuningsih, S., & Makmurtono, A. 2014. Model Pendidikan Nilai Budi Pekerti Berbasis Kearifan Lokal bagi Siswa SD. Jurnal Sekolah Dasar. 23(1):19-30.
Danandjaja, J. 2002. Folklor Indonesia, Jakarta: Pustaka Utama Graffiti Moleong.
Hidayat, R. 2013. Tranformasi Nilai Lokal Wayang Topeng Malang sebagai sumber Pendidikan Karakter Siswa SD. Jurnal Sekolah Dasar. Th. 22 No. 2 November 2013:83-90. Malang: Prodi PGSD FIP UM.
Irmawati, L. R.2007.Serial Kidung Anak: GAI` BINTANG. Sumenep: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumenep
Kusumadara, A. 2011. Pemeliharaan dan Pelestarian Pengetahuan Tradisional dan Ekspresi Budaya Tradisional Indonesia: Perlindungan Hak Kekayaan Intlektual dan Non-Hak Kekayaan Intlektual Jurnal Hukum. Vol. 18 Januari 2011.
Suryanto, E. 2014. Keefektifan Model Pendidikan Budi Pekerti Berbasis Cerita Anak Melalui Penanaman Nilai Etis-Spiritual Siswa SD. Jurnal Sekolah Dasar. 23(1):41-51.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i12017p049
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Sekolah Dasar:Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:
Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.