PEMENUHAN HAK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI
Abstract
Abstract: Special children’s rights fulfillment in inclusive school SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. The aim of this study is to describe the fulfilling of special needs children’s’ rights in inclusive school SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. The qualitative descriptive research was applied and the data collection of data was using questionnaires, interview, and observation. The subjects of the study are classroom teachers and teacher assistant. The results of the study showed that SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto has been able to apply the inclusive school concept. Although not all of special children’s needs are fulfilled, they have been generally fulfilled.
Keywords: special children’s rights fulfillment, inclusive school
Abstrak: Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pemenuhan hak-hak anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah inklusif SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara dan observasi. Subyek penelitian adalah guru kelas dan guru pendamping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto telah mampu menerapkan konsep sekolah inklusi dengan cukup baik. Meski masih belum semua hak ABK terpenuhi, namun secara umum hak-hak ABK telah dapat terpenuhi.
Kata kunci: pemenuhan hak-hak ABK, sekolah inklusif.
Full Text:
PDFReferences
Amin, M. 1995. Orthopedagogik Anak Tunagrahita. Jakarta: Depdikbud Dikti, Proyek Pendidikan Tenaga Guru.
Fuadi, K. 2016. Analisis Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Provinsi DKI Jakarta. Hikmah Journal of Islamic Studies, 11 (2): 1-27.
Hallahan, D.P., & Kouffman, J.M. 2006. Exceptional Children: An Introduction to Special Educationi. Boston: Pearson.
Hermanto, 2010. Penyelenggaraan Pendidikan Khusus Membutuhkan Keseriusan Manajemen Sekolah. Jurnal Pendidikan Khusus, 6 (1): 65-82.
Heward, W.L. 2003. Exceptional Children: An Introduction to Special Education. New Jersey : Merril, Prentice Hall.
Indriawati, P. 2013. Implementasi Kebijakan Tugas Guru Pembimbing Khusus pada Pendidikan Inklusif di SD Negeri se-Kecamatan Junrejo Batu. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1 (1): 49-55.
Kartono, K. 2003. Kamus Psikologi. Bandung: Pionir Jaya.
KPAI. 2014. Kekerasan Anak di Sekolah seperti Fenomena Gunung Es. (Online), (http://kpai.go.id), diakses 23 April 2015.
Mangunsong, F. 2009. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologis (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (FPUI).
Mulyono, A. 2006. Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Poewanti, E. 2013. Paradigma “Educational For Al” dalam Praktek Pembelajaran Iklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar Th.22 No. 1 Mei 2013. Malang: Jurusan KSDP FIP UM.
Rahardja, D. 2016. Pendidikan Luar Biasa dalam Perspektif Dewasa Ini. Jassi Anakku 9 (1): 76-88.
Rahayu, S.M. 2013. Memenuhi Hak Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini melalui Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Anak. 2 (Rahardja, 2016)(2): 355-363
Sadjaah, E. 2005. Pendidikan Bahasa bagi Anak Gangguan Pendengaran dalam Keluaga. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Somad, P., & Hernawati, T. 1995. Ortopedagogik Anak Tunarungu. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
Somantri, S. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa, Bandung: Refika Aditama.
Sudrajat, A., T. 2014. Pemberdayaan dan Pengem-bangan Sumber Daya Manusia pada Sekolah Inklusi. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 41 No.2 Juli 2014. Malang: FIP UM.
Tribun Jogja. 4 Juli 2014. Sekolah Masih Lakukan Diskriminasi pada Siswa Berkebutuhan Khusus Tribun Jogja, hlm. 4.
Triwulandari, A., & Panditia, W.S.S. 2015. Sikap Guru terhadap Penerapan Program Inklusif Ditinjau dari Aspek Guru. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2 (2): 122-130.
Triyanto. 2015. Laporan Monev Pelaksanaan Kurikulum 2013. Jakarta: Direktorat SMP Kemdikbud.
Utina, S.S. 2014. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2 (1): 72-78.
Wahyuno, E. 2014. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Inklusif Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar Th.23 No.1 hal 77-84. Malang: Jurusan KSDP FIP UM.
Winarsih, M. 2007. Intervensi Dini bagi Anak Tunarungu dalam Pemerolehan Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Direktorat Ketenagaan.
Yatim. 2002. Autisme Suatu Gangguan Jiwa pada Anak-Anak. Jakarta: Pustaka Populer Obor.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v25i22016p176
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Sekolah Dasar:Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:
Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.