MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS RELIGI DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstract: This qualitative research with multi-case research design was intended to describe the values of characters implemented at two religion based elementary schools. The data was collected by using in-depth interview, participant observation, and documentation. The data was analyzed through two steps which were individual case data analysis and cross case data analysis. The results of the study suggested that values of the character building were implemented in the school daily life and were integrated into the teaching and learning processes in the classrooms.
Keywords: management, characters, education and religion, elementary schools.
Abstrak: Penelitian kualitatif dengan rancangan multikasus ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang diterapkan di dua SD berbasis relegi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi peran serta, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan dua cara, yaitu analisis data kasus individu dan analisis data lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dan diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
Kata Kunci: : manajemen, karakter, pendidikan,dan keagamaan, SD.
Full Text:
PDFReferences
Albertus, D.K. 2010. Mengembangkan Kultur Akademis bagi Pembentukan Karakter. Makalah disampaikan dalam Konferensi Nasional dan Workshop Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia. Peran Pendidikan dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Malang: Program Studi Psikologi UM.
Bogdan, R. C. dan Biklen, S. K. 1998. Qualitative Research In Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.
Borba, M. 2001. Building Moral Intelligence: The Seven Essentials Virtues that Teach Kids to Do the Right Thing. New York: Random House.
Chaplain, J.P. 1999. Dictionary of Psychology. Jakarta: Raja Grafindo Utama.
Fattah, N. 2004. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Herujito, Y.M. 2003. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Grasindo.
Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kemendiknas.
Kompas.2005. Pelajar yang Membunuh “Pak Ogah” Ditangkap. Dalam Kompas. www.kompas.com/kompas-cetak/0107/metro/pela17.htm. 9 Juli.
Lickona, T. 1996. Teaching Respect and Responsibility. Reclaiming Children and Youth Journal. Vo. 5, No. 3, pp. 143-151.
Megawangi, R. & Dina, W.F. 2010. Pengembangan Program Pendidikan Karakter di Sekolah untuk Mencegah Berkembangnya Perilaku Kekerasan, Pengrusakan Diri dan Lingkungan, dan Korupsi. Makalah disampaikan dalam Konferensi Nasional dan Workshop Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia. Peran Pendidikan dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Malang: Program Studi Psikologi UM.
Miles, M. B. dan Huberman, A. M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Alih bahasa Tjetjep R. Rohidi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Semiawan, C. R. 2010. Peran Pendidikan dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Makalah disampaikan dalam Konferensi Nasional dan Workshop Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia. Peran Pendidikan dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Malang: Program Studi Psikologi UM.
Siagian, S. 2003. Filsafat Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Soepardi, I. 1988. Dasar-Dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Yin, R.K. 1999. Case Study Research: Design and Methods. London: Sage Publication, Inc.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v24i12015p18-25
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Sekolah Dasar:Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:
Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.