Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas V SD

Tri Puji Lestari

Abstract


The purpose of this study is to improve the writing skills of fifth grade students at Pulorejo 01 Elementary School in Pati in Indonesian Language learning of writing narrative essays aspects using the mind mapping method. This study uses a type of classroom action research with 2 cycles. The subjects of this study were 23 students. The results showed an increase in narrative writing skills using the mind mapping method which was shown by increasing the score according to the KKM in the first cycle of 4% and in the second cycle reaching 44%.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SD Negeri Pulorejo 01 Pati dalam pembelajaran Bahasa Indonesia aspek menulis karangan narasi dengan menggunakan metode mind mapping. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subyek penelitian ini berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan menulis narasi dengan menggunakan metode mind mapping yang ditunjukkan dengan peningkatan skor sesuai KKM di siklus I sebesar 4% dan di siklus II mencapai 44%.

 


Keywords


mind mapping; writing skills; narrative essays; elementary school; keterampilan menulis; karangan narasi; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Aini, A., Andayani, A., & Anindyarini, A. (2012). Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. BASASTRA, 1(1), 35-45.

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arini, N. W. (2012). Implementasi Metode Peta Pikiran Berbantuan Objek Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(1), 66-74.

Buzan, T., Buzan, B., & Harrison, J. (2010). The Mind Map Book: Unlock Your Creativity, Boost Your Memory, Change Your Life. New York: Pearson BBC Active.

Dewi, S. P. (2010). Penerapan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri I Trirenggo Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Disertasi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Huy, N. T. (2015). Problems affecting learning writing skill of grade 11 at Thong Linh High School. Asian Journal of Educational Research, 3(2), 53-69.

Keraf. (2010). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawati, D. D. (2010). Pengaruh Metode Mind Mapping dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Disertasi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Martavia, R. F., Thahar, H. E., & Asri, Y. (2016). Hubungan Minat Baca dengan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 363-369.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. (2006). Jakarta: Depdiknas.

Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. (2007). Jakarta: Depdiknas.

Subandi, Chizuru, S., Yoshinori, K., & Wibisono, G. (2018). The Implementation of Mind Mapping Technique to Improve Mandarin Students’ Systematic Thinking Skills. In 2nd Social Sciences, Humanities and Education Conference: Establishing Identities through Language, Culture, and Education (SOSHEC 2018). Atlantis Press.

Suherman, E. (2008). Model belajar dan pembelajaran berorientasi kompetensi siswa. Educare, 5(2).

Sulistiyaningsih, E. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) pada Siswa Kelas V SD Negeri Karangasem III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Disertasi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003)

Yunus, M. M., & Chien, C. H. (2016). The use of mind mapping strategy in Malaysian university English test (MUET) Writing. Creative Education, 7(04), 619.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v28i12019p037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sekolah Dasar:Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats