Analisis Pembelajaran Tari Tradisional Dalam Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar
Abstract
This study aims to describe the form of dance learning activities for elementary school students at the Pelangi Pujon Dance Studio, classify the character forms of elementary school students at the Pelangi Pujon Dance Studio, and describe the impact of dance learning on student characteristics. This research uses qualitative research with descriptive methods. The results showed that the activities of elementary school students at the Pelangi Pujon Dance Studio were not only focused on dancing practice but interspersed with the cultivation of character education during learning. The forms of character that are implanted include cooperation, empathy, independence, courtesy, and help. The impact of learning this dance is the student's habit of applying positive characters in everyday life.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk kegiatan pembelajaran tari bagi siswa sekolah dasar di Sanggar Tari Pelangi Pujon, mengklasifikasikan bentuk karakter siswa sekolah dasar di Sanggar Tari Pelangi Pujon, dan mendeskripsikan dampak pembelajaran tari terhadap karakteristik siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan siswa sekolah dasar di Sanggar Tari Pelangi Pujon tidak hanya terfokus latihan menari, tetapi diselingi penanaman pendidikan karakter selama pembelajaran. Bentuk-bentuk karakter yang ditanamkan antara lain kerjasama, empati, kemandirian, sopan santun dan tolong menolong. Dampak dari pembelajaran tari ini adalah kebiasaan siswa dalam menerapkan karakter positif dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arisyanto, P., Sundari, R. S., & Untari, M. F. A. (2018). Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Untuk Penanaman Karakter Bagi Siswa SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 3(1). Https://Doi.Org/10.30870/Jpks.V3i1.4062
Desyandri, D. (2018). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Untuk Menumbuhkembangkan Literasi Budaya Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.17977/Um009v27i12018p001
Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2), 123–130. Https://Doi.Org/10.15408/Sd.V1i2.1225
Fatmawati, D. (2015). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Smp Negeri 13 Malang Skripsi. 160.
Fibrianto, A. S., & Yuniar, A. D. (2020). Peran Budaya Organisasi Dalam Pembentukkan Karakter, Etika Dan Moral Siswa SMA Negeri Di Kota Malang. Jurnal Analisa Sosiologi, 9(1). Https://Doi.Org/10.20961/Jas.V9i1.41372
Hartini, H. (2016). Tari Semut Sebagai Media Pengembangan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(02). Https://Doi.Org/10.25273/Pe.V3i02.277
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25. Https://Doi.Org/10.26737/Jpdi.V1i2.262
Iriani, Z. (2012). Peningkatan Mutu Pembelajaran Seni Tari Di Sekolah Dasar. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 9(2). Https://Doi.Org/10.24036/Komposisi.V9i2.98
Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 280. Https://Doi.Org/10.24832/Jpnk.V16i9.519
Kusumastuti, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Seni Tari Terpadu Pada Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1). Https://Doi.Org/10.17509/Mimbar-Sd.V1i1.858
Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1. Https://Doi.Org/10.21831/Jpk.V0i1.8615
Muslich, A. (2018). Nilai-Nilai Filosofis Masyarakat Jawa Dalam Konteks Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Al-Asasiyya: Journal Of Basic Education, 2(2). Https://Doi.Org/10.24269/Ajbe.V2i2.1119
Priyatna, M. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 5(10). Https://Doi.Org/10.30868/Ei.V5i10.6
Putri, D. I. (2019). Penguatan Program Pendidikan Karakter (Ppk) Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Seni Tari Di SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 125. Https://Doi.Org/10.23969/Jp.V4i1.1301
Putri, N. A. (2013). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Sosiologi. Komunitas: International Journal Of Indonesian Society And Culture, 3(2). Https://Doi.Org/10.15294/Komunitas.V3i2.2317
Rahma Pratiwi, E. Y. (2018). Kualitas Media Card Dance Untuk Pembelajaran Seni Tari Di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 1–10. Https://Doi.Org/10.21067/Jbpd.V2i2.2534
Ridwan, M., & Mas’odi, M. (2017). Tradisi Nyanyian Anak Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 49–61. Https://Doi.Org/10.17977/Um009v26i12017p049
Setiawan, A. (2019). Mengembangkan Nilai Karakter dan Kemampuan 4C Anak Melalui Pendidikan Seni Tari Di Masa Revolusi Industri 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(2). Https://Doi.Org/10.30651/Didaktis.V19i2.2958
Suryaman, S., & Karyono, H. (2018). Revitalisasi Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 10–18. Https://Doi.Org/10.17977/Um009v27i12018p010
Sustiawati, N. L., Suryatini, N. K., & Mayun Artati, A. A. A. (2018). Pengembangan Desain Pembelajaran Seni Tari Di Sekolah Dasar Berbasis Localgenius Knowledge Berpendekatan Integrated Learning. Mudra Jurnal Seni Budaya, 33(1), 128. Https://Doi.Org/10.31091/Mudra.V33i1.322
Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v29i22020p119
Refbacks
Copyright (c) 2020 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:
Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.