Pengembangan LKS Berbasis Saintifik untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD

Indra Kusuma Wardani, Galuh Tisna Widiana

Abstract


Abstract: This research aims to develop scientific student worksheet based on indicators of critical thinking skills. This research uses Research and Development (R&D) method with one group pre-test post-test design. The results showed 86.35% reliability, 92.64% validity, and 95.38% readability. N-gain analysis reached high value criteria at indicator of questioning, responding, analyzing and conducting scientific experiments. Student activity dominant with worksheet duties (73.93% and 71.37%) and conducting scientific experiment (75.74% and 73.44%). It can be concluded that the student worksheet meet the criteria of validity, practicality and effectiveness for practice the student scientific ability and critical thinking skills.

Keywords : student worksheet, scientific; critical thinking, primary school.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKS saintifik berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Hasil penelitian menunjukkan persentase reliabilitas 86,35%; validitas 92,64%; dan keterbacaan 95,38%. Analisis n-gain berkriteria tinggi ditunjukkan pada indikator menanya, menanggapi pertanyaan, menganalisis dan melakukan percobaan ilmiah. Aktivitas siswa dominan pada kegiatan mengerjakan LKS (73,93% dan 71,37%) dan melakukan percobaan ilmiah (75,74% dan 73,44%). Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS memenuhi kriteria validitas, kepraktisan dan keefektifan sehingga layak untuk melatihkan kemampuan saintifik dan keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata Kunci : LKS, saintifik, berpikir kritis, SD


Keywords


LKS,\; saintifik; berpikir kritis; SD

Full Text:

PDF

References


Abrams, S. 1999. Physics A Window An Our World Student Learning Guide. Prentice-Hall: Englewood.

Amir, M.F. 2015. Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Education Nusantara, 1 (2). Dari http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/235.

Amir, M.F., & Kusuma, M.D. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives, 2 (1).

Borg, W., & Gall, M. 2001. Education Research. New York: Allyn and Bacon.

Brickman, P. 2009. Effects of Inquiry-Based Learning on Students’ Science Literacy Skills and Confidence. International Journal for The Scholarship of Teaching and Learning, 3 (2).

Choo, S.S.Y., Rotgans, J.I., Yew, E.H.J., & Schmidt, H.G. 2011. Effect Of Worksheet Scaffolds On Student Learning In Problem-Based Learning. Journal Spring Nature, 2(1).

Fauziah, R., Abdullah, A.G., & Hakim, D.L. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Journal Invotec, 9 (2).

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud, 2013. Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusbangprodik.

Kemendikbud, 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.

Kulthau, C. 2007. Guided Inquiry: A Framework for Independent Learning. USA: Rutgers University.

Marjan, J., Aryana, P.B., & Setiawan, I.G.A. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA. MU Allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Ilmu Pengetahuan Alam, 4 (1).

Novianto, A., & Mustadi, A. 2015. Analisis Buku Teks Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assessment Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 45 (1).

Nur, M. 2008. Pengembangan Model PBM IPA Berorientasi PKP untuk Meningkatkan Daya Nalar Siswa dalam Rangka Menyongsong Masyarakat IPTEK pada Pembangunan Jangka Panjang Kedua. Makalah yang Disajikan pada Seminar Nasional IKIP Surabaya, Jurusan Pendidikan IPA, 3 April.

Nur, M. 2008. Buku Panduan Keterampilan Proses dan Hakikat Sains. Surabaya: Univesrity Press.

Nur, M. 2008. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktivistik dalam Pengajaran. Surabaya: PSMS Unesa.

Prastowo, A. 2015. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: KENCANA.

Prince, D. 2004. How Students Learn: Science in the Classroom. Washington DC: The National Academies Press.

Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sukmadinata. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v27i12018p079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sekolah Dasar:Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats