Pengembangan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik untuk Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan dan Kreativitas Siswa SD
Abstract
Abstract: The purpose of this study is to develop a Project Based Learning (PjBL) model in thematic learning using a scientific approach to develop environmental awareness and creativity for elementary school students. The method used is development research. The results of the research that have been achieved are (1) mapping the themes and sub-themes of class IV and class V, (2) thematic learning devices using the Project Based Learning (PjBL) model using the scientific approach in class IV and Class V SD, and (3) instruments authentic assessment to assess environmental care and creativity.
Keywords: PjBL, thematic, scientific, environmental care and creativity
Abstrak: tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik untuk mengembangkan sikap peduli lingkungan dan kreativitas bagi siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Hasil penelitian yang telah dicapai adalah: (1) pemetaan tema dan subtema kelas IV dan kelas V, (2) perangkat pembelajaran tematik dengan model Project Based Learning (PjBL) menggunakan pendekatan saintifik pada kelas IV dan Kelas V SD, dan (3) instrumen penilaian otentik untuk menilai sikap peduli lingkungan dan kreativitas.
Kata Kunci: Model PjBL, tematik, saintifik, peduli lingkungan dan kreativitas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.
Borg, W.R. dan M.D. Gall. 1983. Educational Research: An Introduction (4 th edition) New York: Longman.
Hamzah, Syukri. 2013. Pendidikan Lingkungan. Bandung : Refika Aditama
Hardianti, Enyea Winanda. 2015. Sikap Peduli Lingkungan, Pengetahuan dan Keterampilan Membuat Kolase Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL). Bengkulu: Skripsi Universitas Bengkulu
Kemendikbud. 2013. Bahan Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta: Pusbangprodik
Sani, Ridwan Abdullah.2014 Pembelajaran Saintifik untuk implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Thomas, J. 2000. A Review of Research on Project Based Learning. California: Jurnal PjBL
Winarni, Endang, W. 2012. Inovasi Dalam Pembelajaran IPA. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP UNIB
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karajter Landasan, Pilar & Implementasi. Jakarta: Predandamedia Group.
Suharsimi Arikunto. 1993.Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Bina Aksara.
Nur, M. 2002. Psikologi Pendidikan Fondasi untuk Pengajaran. Surabaya: UNESA.
Nur, M. 2008. Pengajaran Berpusat Pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: UNESA
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v27i22018p150
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:
Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.