Profil Media Gabidroid pada Pembelajaran Bilangan di Sekolah Dasar

Febrian Murti Dewanto, Husni Wakhyudin, Mudzanatun Mudzanatun

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to produce gabidroid media for the learning of numbers at primary schools. In this research, the development of media using research and development approach. The research data retrieval by means of observation, questionnaires and interviews. Data validity is done by means of triangulation of sources. Based on the results, the data analysis obtained 3.25 on very well criteria, the results of media legibility trials obtained 3.67 on very well criteria. The gabidroid media is worth to use because it satisfies common aspects, content feasibility, media presentation, language feasibility, and graphic eligibility.

Keywords: gabidroid media, development, number learning.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media gabidroid pada pembelajaran bilangan di sekolah dasar. Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Teknik pengambilan data penelitian dengan cara observasi, angket dan wawancara, keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh validasi ahli 3,25 kriteria baik sekali, hasil uji coba keterbacaan media diperoleh 3,67 kriteria baik sekali. Media gabidroid layak digunakan karena memenuhi aspek umum, kelayakan isi, penyajian media, kelayakan bahasa, dan kelayakan grafik.

Kata kunci: media gabidroid, pengembangan, pembelajaran bilangan.


Keywords


media gabidroid; pengembangan; pembelajaran bilangan

Full Text:

PDF

References


Dwi, A. 2014. Pengembangan Media Interaktif Dilat Pedang Untuk Pembelajaran Seni Tari Pada Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik, 23(2).

Fajrin, O.R. 2015. Hubungan Tingkat Penggunaan Teknologi Mobile Gadget Dan Eksistensi Permainan Tradisional Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Mahasiswa Sosiologi, 2(6).

Gall, M., & Walter, B. 2003. Education Research. New York: Allyn and Bacon.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Kustandi, S. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Galia Press.

Miarso, Y.H. 2004. Media dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Prenada Media.

Novita, S., & Khotimah, N. 2016. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai UNESA, 5(3).

Orey, M., Jones, S.A., & Branch, R.M. 2010. Educational Media and Technology Year Book Volume 35. New York : Springer Science-Business Media.

Purbasari, J.R., Kahfi, M.S., & Mahmudi, Y. 2013. Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Dimensi Tigas Untuk Siswa. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, 1(1).

Shorkey, C.T., & Uebel, M. 2014. History and Development of Instructional Technology and Media in Social Work Education. Journal of Social Network, 50 (2).

Tsatalsa, A.N. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengembangan Media Pembelajaran Macro Media Flash Professional 8. Jurnal Matematika & Pendidikan Matematika, 3(1).

Wang, C., Duan, W., Ma, J., & Wang., C. 2012. The Research Of Android System Architecture And Application Programming. Artikel disajikan pada Proceedings of 2011 International Confeerence On Computer Science and Network Technology, Harbin, China.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v27i12018p091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats