Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Pembelajaran Tematik Abad 21 bagi Siswa Sekolah Dasar

Itsnaani Nur Halimah, Fitri Indriani

Abstract


The use of interactive multimedia in the 21st-century era in learning is necessary to enable students to develop various skills, especially 21st-century skills. This research aims to produce interactive multimedia products based on articulate storylines on the thematic understanding of the 21st century for elementary school students.  This type of research is Research and Development with ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) research model. A team of experts assess the product quality test: material experts, media experts, learning experts, and linguists, assessments from teachers, and student response questionnaires. The evaluation results have obtained as follows;  Material expert assessment results in 90 (very good), media experts 90 (very good), learning experts 85 (very good), linguists (good), teacher ratings 95 (very good), and student response 84 (excellent). The average score of the evaluation results is 86.04, thus, the product can be declared worthy as a medium and support learning with the category "very good."

 

Penggunaan multimedia interaktif di era abad 21 dalam pembelajaran sangatlah diperlukan dalam rangka mengaktifkan siswa serta mengembangkan berbagai keterampilan terutama keterampilan abad 21. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada pembelajaran tematik abad 21 bagi siswa sekolah dasar.  Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun uji kualitas produk dinilai oleh tim ahli yaitu; ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, dan ahli bahasa, penilaian dari guru dan angket respon siswa. Hasil penilaian diperoleh sebagai berikut;  hasil penilaian ahli materi 90 (sangat baik), ahli media 90 (sangat baik), ahli pembelajaran 85 (sangat baik), ahli bahasa (baik), penilaian guru 95 (sangat baik), dan respon siswa 84 (sangat baik). Rata-rata hasil penilaian produk 86,04, sehingga produk dapat dinyatakan layak sebagai media dan penunjang belajar dengan kategori “sangat baik”.


Keywords


interactive multimedia; thematic learning; 21st century; articulate storyline; elementary school students; multimedia interaktif; pembelajaran tematik; abad 21; articulate storyline; siswa sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Adam, Steffi dan M. T. . (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3 No 2 (ISSN 2337-8794), 78–90.

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193-204.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2).

Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29.

Ferdinandus, B., S., & Desak, M., A. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru

Abad 21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 2(1), 10-18.

Kurniati, A., & Sari, A. W. (2019). Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V. 5(April), 87–103.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 1(1), 28–43.

Pratama, R. A. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Dimensi, 7(1), 19–35.

Purnama, S., & Asto B, I. G. P. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X TEI 1 di SMK Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 275–279.

Putra, Y. S. (2017). Theoritical review: Teori perbedaan generasi. Among Makarti, 9(2).

Rafmana, H., Chotimah, U., & Alfiandra. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN Kelas XI di SMA Sriwijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5(1), 52–65.

Setyaningsih, S., Wahyudi, A., & Surabaya, U. N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu. 20(2), 144–156.

Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 439–444.

Surjono, H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. In UNY Press (Issue April 2017). http://dstats.net/download/http://blog.uny.ac.id/hermansurjono/files

/2018/02/Multimedia-Pembelajaran-2017-Cetak-smSC.pdf

Susilowati, R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Kelas 4 SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 57–69.

Yahya, R. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Bercirikan. SJME (Supremum Journal of Mathemathics Education), 4(1), 78–91.

Yasin, A. (2017). Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas Xi Sma. BioEdu, 6(2), 249947.

Yumini S., & Rakhmawati L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 845–849.

Zulhemi, Adlim, & Mahidin. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), hlm 72-80




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v30i22021p159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats