Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Suyono Suyono, Titik Harsiati, Ika Sari Wulandari

Abstract


Abstract: This study aims to describe the implementation pattern of School Literacy Movement (GLS) in primary school. This research uses descriptive research design with qualitative approach. The results showed that there is a pattern of implementation of school literacy movement. The patterns include (1) the pattern of literacy activities in thematic books and (2) the pattern of literacy activities in schools. Patterns of literacy activity in thematic books found are twelve patterns including pre-reading, reading and post-reading activities. The pattern of literacy activities in schools found thirteen patterns of activity covering three aspects, namely the pattern of strategy and implementation of literacy activities, book sources and literacy environment, as well as cooperation of literacy activities.

Keywords: implementation, school literacy movement, thematic learning.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pola implementasi gerakan literasi sekolah. Pola tersebut meliputi (1) pola kegiatan literasi pada buku tematik dan (2) pola kegiatan literasi di sekolah. Pola kegiatan literasi pada buku tematik yang ditemukan berjumlah dua belas pola meliputi kegiatan prabaca, membaca, dan pascabaca. Pola kegiatan literasi di sekolah ditemukan tiga belas pola kegiatan meliputi tiga aspek, yaitu pola strategi dan pelaksanaan kegiatan literasi, sumber buku dan lingkungan literasi, serta kerja sama kegiatan literasi.

Kata Kunci: implementasi, gerakan literasi sekolah, pembelajaran tematik.


Keywords


implementasi, gerakan literasi sekolah, pembelajaran tematik.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2015. Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: Refika Aditama.

Barnawi & Arifin, M. 2014. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hartati, T. 2016.Multi Media dalam Pengembangan Litersi di Sekolah dasar Terpencil. Jurnal Sekola Dasar. 25 (1) 47-54.

Irtadji, M, Chusniyah, T & Rumidjan. 2014. Model Pelatihan Pembelajaran Kreatif bagi Guru Sekolah dasar. Jurnal Sekola Dasar. 23 (2) 126-131.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan Gerakan Literasi

Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar

dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mariyana, R, Ali, N. & Rachmawati. 2010. Pengelolaan Lingkungan

Belajar. Jakarta: Prenada Media Group.

Mulyati, Y. 2004. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Priyatni, E. T. 2010. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.

Mudiono, A. 2014. Persepsi Guru tentang Pengembangan Model Pembelajaran Literasi Fokus Menulis Narasi dengan Teknik Probing-Prompting di SD. Jurnal Sekolah Dasar. 23 (1) 31-40.

Nurhadi. 2016. Teknik Membaca. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Organization for Economic Cooperation and Development. 2014. PISA 2012

Results in Focus: What 15-year-olds Know and What They Can Do with Wath They Know. (Online), (http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf), diakses 10 Januari 2017.

Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan. 2012. Analisis

Hasil Belajar Peserta Didik dalam Literasi Membaca Melalui Studi

Internasional PIRLS 2011. Laporan hasil penelitian

(Online),(http://litbang.kemdikbud.go.id/data/puspendik/HASILRISET/PIRLS/LAPORANPIRLS2011/Analisis Hasil Belajar Peserta Didik dalam Literasi Membaca melalui Studi Internasional(PIRLS)2011.pdf), diakses 15 November 2016.

Priyatni, E. T. 2010. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.

Rukmi, A.S. 2013. Penerapan Strategi Pemetaan Struktur Teks untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa Kelas V SD. Jurnal Sekolah Dasar. 22 (2) 91-97.

Suyono. 2009. Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah. Jurnal Bahasa dan Seni, 1 (1). (Online), (http://jurnal online.um.ac.id/data/artikel/artikelE81BFBD3CD7A6F4C9ABF8B14D8C4145B.pdf), diakses 15 Februari 2016.

Suyono. 2011. Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah. Malang: Penerbit Cakrawala Indonesia.

Suprani. 2013. Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Bacaan melalui Media Powerpoin pada Siswa kelas V SD. Jurnal Sekolah Dasar. 22 (2) 137-141.

Tarigan, H. G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.

Yamin, M. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta:

Referensi (GP Press Group).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i22017p116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats