Pembelajaran Tematik Model Webbed Berbasis Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi di SD

Marzuki Marzuki

Abstract


Abstract: This study aims to describe thematic webbed based scientific modeling learning for the acquisition of high-level thinking ability of elementary school children. A qualitative approach to the subject of the child, and the teacher of 14 elementary schools in East Pontianak. The result of the application of thematic learning webbed based model of scientific, children feel happy and have higher-order thinking ability although not 100% children. Results of ability, to analyze 39.66%, evaluate 34.65, and create 43.14%. Thematic-based webbed-based learning model is good because most children have high-order thinking skills in the form of analyzing, evaluating, creating, and being able to think scientifically to avoid memorizing and remembering.

Keywords: thematic webbed model, scientific, higher-order thinking skills.


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran tematik model webbed berbasis saintifik untuk perolehan kemampuan berpikir tingkat tinggi anak Sekolah Dasar. Pendekatan kualitiatif dengan subjek anak, dan guru SD 14 Pontianak Timur. Hasil penerapan pembelajaran tematik model webbed berbasis saintifik, anak merasa senang dan mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi walaupun belum 100% anak. Hasil kemampuan menganalisis 39,66%, mengevaluasi 34,65, dan berkreasi 43,14%. Pembelajaran tematik model webbed berbasis saintifik adalah baik karena sebagian besar anak mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi berupa menganalisis, mengevaluasi, berkreasi/mencipta, dan dapat berpikir secara saintifik untuk menghindari pola pikir menghafal dan mengingat.

Kata Kunci: tematik model webbed, saintifik, kemampuan berpikir tingkat tinggi.


Keywords


tematik model webbed, saintifik, kemampuan berpikir tingkat tinggi

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. 2007. Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Degeng Nyoman S. 2013. Ilmu Pembelajaran “Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori.” Bandung: Kalam Hidup.

Depdiknas. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003. Jakarta

Gagne, R.M. 1985. Strategi for Teacher Content and Thinking Skill. New Jersey. Prentince Hall.

Gagne, R.M., Briggs, L.J. & Wager, W.W. 1992. Principles of instructional design. Orlando: Holt, Rinehart, and Wiston.

Gardner, H. E. 2008. Multiple Intelligences: New Horizons in Theory and Practice. Basic books.

Ibrahim, Sutini. 2011. Belajar, Pengajaran, dan Pembelajaran (Konsep dan Implementasi). Pontianak: Fahruna Bahagia Press.

Kovalik, S. J. 2013. Integrated Thematic. Instructional-Design Theories and Models: A New Paradigm of Instructional Theory, 2, 371.

Marzano, R.J., and John S. Kendall, eds. 2008. Designing and Assessing Educational Objectives: Applying the New Taxonomy. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Munzenmaier, C. & Rubin, N. 2013. Perspectives Bloom’s Taxonomy: What’s Old Is New Again. The eLearning Guild.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik, Jogjakarta, Diva Press.

Rose,Colin & Nichol, M.J. 1997 Accelerated Learning for the 21”century ; Cara Belajar Cepat Abad 21 diterjemahkan oleh Dedy Ahisma (2012), Bandung, Nuasa,

Seknun, M. Y. (2014). Telaah Kritis Terhadap Perencanaan dalam Proses Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 80-91.

Smalldino, S.W. et.al. 2005. Instructional Tecnology and Media for Learning. Ohio: Pearson Education, Inc.

Sumarmo, U. 2004. Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Makalah disajikan pada Seminar Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta pada Juli 2004.

Suparno, Paul. 1997. Filsafat Kontruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Usman, A. 2015. Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Lingkungan untuk Perolehan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi di SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i22017p159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

       


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats