Pelaksanaan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar

Rina Wahyuni, Teti Berliani

Abstract


Abstrak: With regard to teacher’s pedagogical competence, teachers are required to be able to plan, implement and evaluate learning according to the ability of students. However, there are still teachers who have not been able to plan to learn so that they often copy-paste; the teacher has not maximally implemented PAIKEM-based learning because it still holds the old paradigm, namely the lecture. As well as the less optimal teacher in assessing learning that only focuses on cognitive aspects. This study used a qualitative approach with case study design. Data collection is done through observation, interviews, and documentation. The research results obtained, can be categorized as teacher’s pedagogical competency is good enough, although it still needs guidance to teachers in improving the learning process.

Keywords: implementation, pedagogic competency, teacher

Abstrak: Berkenaan dengan kompetensi pedagogik guru, guru dituntut mampu merencanakan, melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran sesuai kemampuan siswa. Namun, masih ada guru yang belum mampu merencanakan pembelajaran sehingga seringkali melakukan copy paste; guru belum maksimal melaksanakan pembelajaran berbasis PAIKEM karena masih memegang paragdigma lama, yakni ceramah. Serta kurang optimalnya guru dalam menilai pembelajaran yang hanya berfokus pada segi kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh, dapat dikategorikan kompetensi pedagogik yang dimiliki guru sudah cukup baik, walaupun masih perlu dilakukan pembinaan kepada guru dalam perbaikan proses pembelajaran.

Kata Kunci: Pelaksanaan, Kompetensi Pedagogik, Guru


Keywords


implementation; pedagogic competency; teacher; Pelaksanaan; Kompetensi Pedagogik; Guru

Full Text:

PDF

References


Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. 1992. Qualitative Research for Education, second edition. USA: Allyn and Bacon.

Chatib, Munif. 2012. Gurunya Manusia. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Dennison, P. 2009. Brain Gym and Me. Jakarta: PT Grasindo.

Depdiknas, 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Standar Kompetensi Guru Pemula SMP-SMA. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Tinggi.

Depdiknas. 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PUSTAKA SETIA.

Harijadi. 2012. Evaluasi Pemanfaatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Kegiatan Pembelajaran di Kelas pada Guru Pemula Sekolah Dasar di Banyuwangi. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 1 (2): 194-199.

Imron. 2011. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Indriani. 2015. Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengelola Pembelajaran IPA di SD dan MI, Jurnal FENOMENA, (Online), 7 (1): 17-29, (https://www.uad.ac.id), diakses 8 November 2017).

Jawing, dkk. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 3 Sintang, (Online), (https://www.untan.ac.id), diakses 8 November 2017).

Khofiatun. 2016. Peran Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar,Jurnal Pendidikan, (Online), 1 (5): 984-988, (https://www.um.ac.id), diakses 8 November 2017).

Lativa, dkk. 2016. Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru SMK Melalui Pemberdayaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan, Universitas Negeri Malang, (Online), (https://www.um.ac.id), diakses 8 November 2017.

Osnal, dkk. 2016. Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester Melalui Workshop di KKG Gugus 02 Kecamatan Sumbermalang Situbondo. Jurnal Pancaran, 5 (1): 67-82.

Sagala, S. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sagala, S. 2013. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Saryati. 2014. Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, (Online), 2 (1): 669-831, (https://www.unp.ac.id),diakses 8 November 2017).

Sukarman. 2003. Dasar-Dasar Didaktik dan Penerapannya dalam Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Tenaga kependidikan Dikdasmen Depdiknas.

Ulfatin, N. 2014. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Bayumedia Publishing.

Wahyuni dan Ibrahim. 2012. Perencanaan Pembelajaran BahasaBerkarakter. Malang: Refika Aditama.

Widoyoko. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v27i22018p108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

       

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats