Penerapan Konsep Trilogy + 1 Learner Dalam Menciptakan Pendidikan Humanis Melalui Peningkatan Peran dan Fungsi Stakeholders Pendidikan di SD

Mohammad Zaini, Yusvidha Ernata

Abstract


Abstract: This research aims to apply the concept of trilogy + 1 learner at the humanist learning process in elementary school of Malang. The study used a phenomenological qualitative approach. The instruments used in-depth interviews, documentation, and observations with a grand theory analysis model based on humanist educational theory. The results of the study show that (1) the humanist education process through the role and function of stakeholders can be carried out through the concept of trilogy + 1 learner which involves the guardians of students in all school activities, especially in the periodical learning process with a system of 1 week face to face, 1 lessons alternately. (2) The appreciation, sympathy, and empathy of the stakeholders of education, as well as the appreciation of children for the value of humanity, are increasingly better.

Keywords: trilogy + 1 learner, humanist education, stakeholders, elementary school.

Abstrak: Penelitian bertujuan menerapkan konsep trilogy+1 learner dalam proses pembelajaran humanis di SD kota Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis. Instrumen yang digunakan meliputi indepth interview, dokumentasi, dan observasi. Model analisis yang digunakan grand theory berdasarkan teori pendidikan humanis. Hasil (1) proses pendidikan humanis melalui peran dan fungsi stakeholder dapat dilakukan melalui konsep trilogy+1 learner yakni melibatkan wali peserta didik dalam semua kegiatan sekolah, khususnya dalam proses pembelajaran yang dilakukan secara periodik dengan sistem 1 pekan 1 kali tatap muka, 1 mata pelajaran bergantian. (2) Apresiasi, simpati dan empati stakeholders pendidikan, serta apresiasi anak terhadap nilai humanitas semakin meningkat lebih baik.

Kata Kunci: trilogy+1 learner, pendidikan humanis, stakeholders, SD.


Keywords


trilogy + 1 learner; humanist education; stakeholders; elementary school; trilogy+1 learner; pendidikan humanis; stakeholders; SD

Full Text:

PDF

References


Biografipedia. 2015. Biografi Ki Hajar Dewantara Bapak Pendidikan Nasional. Diakses 24 Pebruari 2017 dari http://www.biografipedia.com/2015/08/biografi-ki-hajar-dewantara.html.

Insipirasi. 2018. Pentingnya Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Anak. diakses 27 Juli 2018 dari https://axa.co.id/inspirasi/pentingnya-keterlibatan-orang-tua-dalam-pendidikan-anak-2/

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 044/U/2002 tanggal 2 April 2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah

Malangtoday. 2016. Ketua KPAI : Malang Darurat Kekerasan Pada Anak. diakses 10 Mei 2018 dari http://malangtoday.net/malang-raya/ketua-kpai-malang-darurat-kekerasan-pada-anak/

Miller PH. 2011. Theories of Developmental Psychology: Fifth Edition. New York: Worth Publishers.

Mulyasa, 2005. Menjadi Guru, Menciptakan Pelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Nakao K, Takaishi J, Tatsuta K, Katayama H, Iwase M, Yorifuji K, Takeda M. 2000. The influences of family environment on personality traits. Psychiatry and Clinical Neurosciences. 54: 91-95

Serambinews. 2018. 5 Tragedi Memilukan saat Perayaan Kelulusan Siswa SMA, Dari Nyawa Melayang hingga Tawuran Berdarah. Diakses 9 Juli 2018 http://aceh.tribunnews.com/2018/05/03/5-tragedi-memilukan-saat-perayaan-kelulusan-siswa-sma-dari-nyawa-melayang-hingga-tawuran-berdarah?page=3.

Surya. 2014. Kasus Kekerasan Siswa, Upaya Damai Dindik Malang Buntu. diakses 24 april 2018 dari http://surabaya.tribunnews.com/2014/09/06/kasus-kekerasan-siswa-upaya-damai-dindik-malang-buntu.

Suryamalang. 2016. Miris, 84 Persen Siswa Pernah Alami Kekerasan di Sekolah. diakses 25 Mei 2018 dari http://suryamalang.tribunnews.com/2016/11/29/miris-84-persen-siswa-pernah-alami-kekerasan-di-sekolah.

Suryamalang. 2016. Ternyata, Masih Ada Kekerasan dalam Dunia Pendidikan di Kota Malang. diakses 25 mei 2018 dari http://suryamalang.tribunnews.com/2016/11/17/ternyata-masih-ada-kekerasan-dalam-dunia-pendidikan-di-kota-malang.

Tutorial penelitian. 2014. Triangulasi dan Validitas Penelitian Kualitatif diakses 6 Mei 2017 dari http://tu.laporanpenelitian.com/2014/11/22.html

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemenristekdikti

Usuable Knowlegde. 2015. Parent-Teacher Partnership Four trends reshaping the traditional parent-teacher conference. diakses 10 juli 2018 dari https://www.gse.harvard.edu/news/uk/15/10/parent-teacher-partnership

Wulandari, Yeni. & Kristiawan, Muhammad. 2017. Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Diakses 6 Juli 2018 dari https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/%20view/1477/1288

Zaini, Mohammad. 2016. Kajian Perilaku Humanitas Pendidik Terhadap Peserta Didik Dalam Proses Pendidikan di Kota Malang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran). 2(2). 373-388




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v27i22018p157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats