Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematika di Sekolah Dasar

Rida Fironika Kusumadewi, Nuhyal Ulia, Nesti Ristanti

Abstract


An innovative learning model is very influential on mathematical literacy skills. Mathematical literacy skills, indirectly learn about several aspects, one of which is identifying mathematical aspects in mathematics reading. This study aims to prove the effectiveness of the discovery learning model of mathematical literacy abilities. This study uses experimental research. The design used is the non-equivalent posttest-only control group design which is one of the Quasi Experimental Design research designs. The results of the final data hypothesis were then analyzed by the t test. The results of the t test show t count 3.16> t table2.04, meaning that the ability of mathematical literacy with the discovery learning model is better than the teacher centered model.

Model pembelajaran yang inovatif sangat berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematika. Kemampuan literasi matematika, secara tidak langsung mempelajari tentang beberapa aspek, salah satunya mengidentifikasi aspek matematis dalam bacaan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas model discovery learning terhadap kemampuan literasi matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah the non-equivalent posttest-only control grup design yang merupakan salah satu dari desain penelitian Quasi Experimental Design. Hasil hipotesis data akhir kemudian dianalisis dengan uji t. Hasil dari uji t menunjukkan thitung3,16 > ttabel2,04, diartikan bahwa kemampuan literasi matematika dengan model discovery learning lebih baik daripada model teacher centered.


Keywords


innovative; mathematical literacy skills; discovery learning; inovatif; kemampuan literasi matematika

Full Text:

PDF

References


Azhari. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-IPA1 Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMA Negeri Unggul Sigli. Jurnal Biologi Edukasi 7(1): 13–20. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id.

Fathani, Abdul Halim. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. Jurnal EduSains 4(2): 136–50.

Hasnawati. (2016). Description Of Mathematics Literacy Ability of Students First Secondary School State 15 Kendari Based On Content, Context, Materials and Process. International Journal of Education and Research 4(4): 185–96.

Hosnan, M. (2013). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia

Karso, dkk. (2009). Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka

Karyono, Hari. (2018). Revitalisasi Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Sekolah Dasar 2(1): 10–18.

Kusumadewi, Rida Fironika. (2017). Menumbuhkan Kreativitas Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Praktik Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Ular Tangga. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 188-194 1(2): 188–94.

Lestari dan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Mudiono, Alif. (2015). Pembelajaran Literasi Fokus Menulis Narasi Dengan Teknik Probing - Prompting Di SD. Sekolah Dasar 23(1): 31–40. http://journal.um.ac.id/index.php/jurnal-sekolah-dasar/article/view/6763.

Pulungan, Delyanti Azzumario. (2014). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Matematika Model PISA. Journal of Educational Research and Evaluation 3(2): 2–6. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere%0APENGEMBANGAN.

Setiawati, I. K., A. Rusilowati, and Khumaedi. (2013). Pembuatan Buku Cerita IPA yang Mengintegrasikan Materi Kebencanaan Alam untuk Meningkatkan Literasi Membaca dan Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2(2): 129–35.

Wahyuningtyas, Dyah Tri, Nury Yuniasih, and Edy Bambang Irawan. (2017). Desain Modul Pembelajaran Geometri Dengan Pendekatan Contekstual Teaching And Learning Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar 2: 30–38.

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v28i12019p011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats