Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD

Qurrotul Aini, Stefanus C. Relmasira

Abstract


Abstract: This research aims to improve the activeness and learning outcomes of grade 1 students by applying contextual-based integrative thematic learning. This research is an action research consisting of two cycles. Data collection in the research using tests and non-tests. The results showed that there was an increase in activeness from good categories to be very good. Learning outcomes of BI, PPKn, and mathematics respectively 71%, 85%, and 75% in cycle I increased to 78%, 89%, and 85% in cycle II. Thus, the application of contextually based thematic integrated learning can improve the activeness and learning outcomes of grade 1 students of SD N Salatiga 03.

Keywords: thematic integrative, contextual, learning outcomes, activeness

Abstrak: Penelitian bertujuan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 1 dengan menerapkan pembelajaran tematik integratif berbasis kontekstual. Penelitian penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan subyek siswa kelas I SDN Salatiga 03. Pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Hasil menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dari kategori baik menjadi sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran BI, PPKn, dan matematika berturut-turut 71%, 85%, dan 75% pada siklus I meningkat menjadi 78%, 89%, dan 85% pada siklus II. Penerapan pembelajaran tematik integratif berbasis kontekstual dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 1 SD N Salatiga 03.

Kata kunci: tematik integratif, kontekstual, hasil belajar, keaktifan, SD.


Keywords


thematic integrative; contextual; learning outcomes; activeness; tematik integratif; kontekstual; hasil belajar; keaktifan; SD

Full Text:

PDF

References


Bernadi, Resna M. A. 2017. Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas IV SD Melalui Pembelajaran Tematik Integratif dengan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Prima Edukasia 5 (1), 91-101.

Endang, S. E. S. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Paradigma Institut, 1(1).

Haryati, S. (2016). Pengaruh Ssp Tematik Integratif Terhadap Peningkatkan Karakter Kejujuran Dan Kepedulian Siswa Kelas Ii SD. Jurnal Prima Edukasi, 4(2), 198-208.

Johnson, B. Elaine. 2014. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Terjemahan Ibnu Setiawan. Bandung: Kaifa.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No 67 tentang kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kemendikbud. 2014. Permendikbud No 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar / MI. Jakarta: Kemendibud.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud No 20 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kemendikbud. 2016. Permendikbud No 22 tentang Standar Standar Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kristin, F. (2017). Keberhasilan Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Keaktifan Dalam Perkuliahan Dengan Menggunakan Pembelajaran Active Learning. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(2), 405-413.

Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1)

Made Putra, M. P., Negara, I. G. A. O., & Ke, S. P. M. (2016). Penerapan Saintifik Berbasis Kontekstual Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Pkn Kelas Iv Sd Negeri 1 Kerobokan Badung. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).

Marzuki, M. (2018). Pembelajaran Tematik Model Webbed Berbasis Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi di SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(2), 159-168.

Masdiana, M., Budiarsa, I. M., & Lamba, H. A. 2014. Penerapan Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pada Lingkungan Siswa Kelas I SDN 018 Letawa Kecamatan Sarjo Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(2).

Mawardi, M. (2018). Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 63-74.

Muga, W., Oje, M. S., & Laksana, D. N. L. (2018). Hasil Belajar Kognitif Siswa Sd Dalam Pembelajaran Kontekstual Media Mazi (Studi Pada Siswa Sd Kelas Tinggi). Journal of Education Technology, 2(1), 20-25.

Muslimin, M., Irfan, M., & Sahabuddin, E. S. (2015). Meningkatkan Kreativitas Siswa Memahami Konsep Sifat Cahaya Melalui Pembelajaran Kontekstual Di SD. Indonesian Journal of Educational Studies, 18(2).

Perwitasari, S., & Wahjoedi, W. (2017). Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual Untuk Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Setyowati, D. W. N. (2017). Keefektifan Pendekatan Ctl Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Sumber Daya Alam. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 50-57.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo

Sari, I. P., & Syamsi, K. (2015). Pengembangan buku pelajaran tematik-integratif berbasis nilai karakter disiplin dan tanggung jawab di sekolah dasar. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 73-83.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sd. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2).

Yaumi, M & Damopodil, M. 2014. Action Research: Teori, Model, dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v27i22018p124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

       

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats