PEMAHAMAN GURU TERHADAP TINGKAT BERPIKIR SOAL YANG DISUSUN PADA KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK

Isma Sofiana, Sutrisno Sutrisno, Antelas Eka Winahyo

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan tingkat berpikir soal ujian, pemahaman guru tentang tingkat berpikir soal ujian, dan hubungan pengalaman kerja dengan pemahaman guru tentang tingkat berpikir. Teknik pengumpulan data meng-gunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik des-kriptif persentase dan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal ujian yang dibuat guru terdiri 55,03% tingkat berpikir mengingat (C1), 23,97% memahami (C2), 20,28% aplikasi (C3), dan 0,72% analisis (C4); pemahaman guru terhadap tingkat berpikir soal ujian yang disusun adalah C1= 90,37%, C2= 50,69%, C3= 92,11%, dan C4= 50,43%; dan terdapat hubungan positif yang signifikan pengalaman kerja dengan pemahaman guru tentang tingkat berpikir soal ujian, dengan r = 0,48 dan sig. 1-tailed = 0,00.

Keywords


berpikir; soal; guru

Full Text:

PDF

References


Alenmarlis. 2014. Mengingat dan Memahami Kembali Tentang Teori Taksonomi Bloom, (Online), (https://alenmarlissmpn1gresik.wordpress.com), diakses 10 Februari 2016.

Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomyfor Learning, Teaching, and Assesing:A Revision of Bloom’s Taxonomyof Educatioanl Objectives. New York: Addison Wesley Longman,Inc.

Arisandi, S.D., dan Madlazim. 2015. Pengembangan Perangkat pembe-lajar¬an yang Mengintegrasikan Berpikir kognitif, Berpikir Afektif, dan Ranah Psikomotor Pada hukum Ohm. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika,(Online),4 (3): 7-11,(https://-ejournal.unesa.ac.id), diakses Sep-tem¬¬ber 2015.

A’yun, N.Q. dan Sutrisno. 2017. Kesesuaian Tingkat Berpikir Soal Ujian dengan Tujuan Pembelajaran pada Keahlian Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Bangunan, 22, (2) : 67-74.

Dwiantik, N. 2014. Pengaruh Pendidikan dan Pengalaman Kerja terhadap Pemahaman Aparatur Pemerintah Mengenai Penerapan Prinsip Akuntabilitas. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Hartati, S. 2011. Pengaruh Pengalaman Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambusai Utara. Skripsi tidak diterbitkan. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Hidayahni, N. 2015. Hubungan Penga-laman Mengajar dengan Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Akutansi SMK di Kota Surakarta Tahun 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Maghviroh, L. Dan Sutrisno, S. 2016. Analisis Soal yang Dibuat oleh Guru pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Malang. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 39 (1): 21-32.

Mulyawan, B. 2012. Pengaruh Pengala-man dalam Pelatihan terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 11 (1), (Online), (http://http:// ejournal.-undiksha.ac.id), diakses 8 Oktober 2016.

Muslich, M. 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta: Bumi Aksara.

Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuraida, N. 2012. Sejauh Mana Guru Memahami Ranah Taksonomi Blo-om?, (Online), (http://www.kompas-iana.com/nunung_nuraida/sejauh-mana-guru-memahami-ranah-taksonomibloom), diakses 27 Sep-tem¬ber 2016.

Rahayu,T.D., Purnomo, B. H., dan Sukidin, S. 2014. Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Beda Pada Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Bentuk Pilihan Ganda Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal Edukasi UNEJ, 1 (1): 39-43, (Online), (https://jurnal.-unej.ac.id), diak¬ses 29 Januari 20016.

Rahmadhani, R dan Soedjono. 2014. Pengaruh Pelatihan, Pengembangan dan Pengalaman Kerja terhadap Kompetensi Guru. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3, (6): 1-15.

Santoso, A. 2012.Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajar¬an di SMK Negeri 2 Salatiga Tahun 2011/2012. Skripsi tidak diterbitkan. Salatiga: STAIN Salatiga.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardjo. 1994. Pengukuran Hasil Bela-jar Kimia. Yogyakarta: FPMI¬PA IKIP Jogjakarta.

Susilo, H. 2011. Lesson Studi Berbasis Sekolah: Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif. Malang: Bayumedia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online), (http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_2_89.html), diakses 18 April 2016.

Universitas Negeri Malang. 2010.Buku Pedoman Pendidikan Universitas Negeri Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Uno, H.B. 2011.Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Utari, R. 2013. Taksonomi Bloom Apadan Bagaimana Menggunakan-nya?,(Online), (http: //www.slides hare.net/ userdar /766-1- taksonomi-bloom-retnookmima),diakses 10 Juni 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v41i12018p045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya

Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)

Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5,  1st  Floor. 

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.   

View My Stats