Model Pembelajaran Circ Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Siswa Kelas V SD

Ella Setiyaningsih, Sutansi Sutansi, Suhel Madyono

Abstract


enelitian bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis puisi yang telah diaplikasikan dan dikembangkan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu, Membaca dan Komposisi (CIRC) pada siswa kelas lima SD Negeri 02 Sidodadi Kabupaten Blitar. Subyek siswa kelas V SDN Sidodadi 02 sebanyak 28 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan siklus I kegiatan guru 87,5% meningkat menjadi 100% siklus II. Siklus kegiatan siswa 73,1% meningkat menjadi 94,6% siklus II. Persentase siklus kelengkapan rata-rata klasik I 64,4% (kurang) meningkat menjadi 92,8% (sangat baik) siklus II.


Keywords


keterampilan menulis puisi; puisi; model pembelajaran sirkus

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

BNSP. 2006. Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hitipieuw, Imanuel. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandarwassid & Sunendar, Dadang. 2015. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jumadi.2016. Peningkatan Kompetensi Menulis Puisi Bebas Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Kelas VIIB SMPN 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar & Menengah, (Online), 6 (1): 22-26, (https://irpp.com/index.php/dinamika/article/download/408/398), diakses pada 01 Januari 2017

Mudiono, Alif. 2010. Pengembangan Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Malang: FIP UM.

Saddhono, Kundharu & Slamet, St. Y. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia; Teori dan Aplikasi Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (Rose, Ed.). Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2009. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Supriyadi. 2006. Pembelajaran Sastra yang Apresiatif dan Integratif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.

Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Teknik Menulis Puisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v25i22017p050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ella Setiyaningsih, Sutansi Sutansi, Suhel Madyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats