ANALISIS BUKU TEKS SEJARAH KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 1 KEBOMAS

Shovi Wiranata Febriani

Abstract


The use of history textbooks can be useful for teachers as a supporting medium in delivering learning materials that are adjusted to the applicable curriculum. History textbooks contain learning materials and a variety of practice questions. History textbook analysis is done in order to formation of conformity and suitability from the books to be distributed. The feasibility of a textbook is be observed the feasibility from the content and the worthiness of presentation. That way, the textbook will have the right quality or purpose for students so as students competent to graps learning material well. Each school uses a different learning method in the middle of an online learning system. At SMA Negeri 1 Kebomas uses a curriculum for independent learning or independent learning in accordance with the assessment instrument for high school history textbooks. The use of an independent learning curriculum makes student achievement, skill ability, and level of understanding increase. This research aims to intends the analysis of history textbooks for class XI in online learning at SMA Negeri 1 Kebomas using qualitative methods and literature study.

Penggunaan buku teks sejarah mampu bermanfaat bagi guru sebagai media penunjang dalam penyampaian bahan pelajaran yang sesuaikan pada kurikulum yang berlaku. Buku teks sejarah berisi mengenai bahan pelajaran dan beragamnya latihan soal. Analisis buku teks sejarah dilakukan guna terbentuknya kesesuaian dan kelayakan buku yang akan didistribusikan. Kelayakan suatu buku teks dilihat dari kelayakan isi dan kelayakan penyajian. Dengan begitu, buku teks akan memiliki mutu serta tujuan yang tepat bagi siswa sehingga siswa mampu memahami materi dengan baik. Setiap sekolah menggunakan metode pembelajaran berbeda di tengah sistem pembelajaran daring yang dilakukan. Di SMA Negeri 1 Kebomas menggunakan kurikulum merdeka belajar atau kemandirian belajar yang sesuai dengan intrumen penilaian buku teks sejarah SMA. Penggunaan kurikulum merdeka belajar membuat prestasi, kemampuan keterampilan, dan tingkat pemahaman siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis buku teks sejarah kelas XI dalam pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Kebomas dengan menggunakan metode kualitatif dan studi pustaka.

Keywords


History Textbooks; Online Learning; Independent Learning; Buku Teks Sejarah; Pembelajaran Daring; Kemandirian Belajar

Full Text:

PDF

References


Aini, P.N & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 48-65.

“Deskripsi Butir Instrumen 1 Penilaian Buku Teks Pelajaran Sejarah Untuk Siswa Menengah Atas/ Madrasah Aliyah” https://123dok.com/document/q0gke29z-deskripsi-instrumen-sejarah-penilaian-buku-murid-fix-layout.html.

Dewi, W.A.F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Efendi, A. (2009). Beberapa catatan tentang buku teks pelajaran di sekolah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(2), 320-333.

Mudzakir, A.S. (2010). Penulisan Buku Teks yang Berkualitas. http://file.upi.edu.

Murtadha, A. (2020). Wawancara “Pemilihan metode yang digunakan dalam pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Kebomas”.

Pangondian, R.A. dkk. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS).

Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya di Sekolah/ Madrasah. Depok: Prenadamedia Group.

Sani, R.I. (2011). Analisis Buku Teks Pelajaran IPS Terpadu (Sejarah) Pada SMP Negeri Kelas VII di Kabupaten Kudus. (Skripsi. Semarang: FIS UNNES). Tidak diterbitkan.

Sulfemi, W.B. (2016). Hubungan Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Guru Mata Pelajaran Sejarah dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Fascho, 5(2), 52-70.

Setianto, A.Y. (2020). Kurikulum Fleksibel: Jalan Keluar Pembelajaran di Masa Covid-19. Dalam Janner Simarmata (ed.). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Syafrida & Hartati, R. (2020). Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7(6), 495-508.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um081v1i22021p213-221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Historiography: Journal of Indonesian History and Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Historiography: Journal of Indonesian History and Education is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JOIN Indexed By:

        

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats