ANALISIS MUATAN KARAKTER BAB KESULTANAN-KESULTANAN MARITIM MASA ISLAM DI NUSANTARA DALAM BUKU TEKS SEJARAH KELAS XI KURIKULUM 2013 REVISI 2016
Abstract
Starting from the 2013 curriculum, character values are mandatory to be instilled in students. Cultivating these character values is carried out to overcome the moral downturn that has hit this country. These character values are contained in the textbook which is a reference for teachers and students in carrying out learning at school. In this study, the researcher wanted to analyze the character content contained in the history textbook for class XI of the 2013 revision of the 2016 curriculum on the material of the Maritime Sultanate of the Islamic Period in the archipelago. The approach used in this research is descriptive qualitative. To collect data, it was done by reviewing the literature, and analyzing the character content in the history textbook, qualitative data analysis was used by the researcher in this study, and the history textbook for class XI in the 2013 revision of the 2016 curriculum was the data subject used in this study. This research shows that the material of the Maritime Sultanate of the Islamic Period in the archipelago in the history textbook for class XI of the 2013 revision of the 2016 curriculum contains character values in it. The characters developed are polite, peace-loving, and mutual cooperation. The conclusion is that the history textbook for class XI fulfills the instruments of the curriculum itself.
Mulai kurikulum 2013 nilai-nilai karakter menjadi hal yang wajib untuk ditanamkan dalam peserta didik. Penanaman nilai-nilai karakter tersebut dilakukan untuk mengatasi keterpurukan moral yang sudah melanda di negeri ini. Nilai karakter tersebut dimuat dalam buku teks yang merupakan acuan pengajar dan siswa dalam melangsungkan pembelajaran di sekolah. Pada penelitian ini peneliti ingin menganalisis muatan karakter yang ada dalam buku teks sejarah kelas XI kurikulum 2013 revisi 2016 pada materi Kesultanan-Kesultanan Maritim Masa Islam di Nusantara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Untuk mengumpulkan data dilakukan dengan cara telaah kepustakaan, dan menganalisis muatan karakter yang ada di dalam buku teks sejarah, analisis data kualitatif digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini, serta buku teks sejarah kelas XI kurikulum 2013 revisi 2016 merupakan subjek data yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa pada materi Kesultanan-Kesultanan Maritim Masa Islam di Nusantara dalam buku teks sejarah kelas XI kurikulum 2013 revisi 2016 sudah ada muatan nilai-nilai karakter di dalamnya. Adapun karakter-karakter yang dikembangkan yaitu santun, cinta damai, dan gotong royong. Kesimpulan yang didapat bahwa dalam buku teks sejarah kelas XI tersebut telah memenuhi instrumen dari kurikulum itu sendiriKeywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, Leo dan Sri, W. (2013). Perencanaan pembelajaran sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Ansari, H and Babai, E. (2002). Universal characteristics of EFL/ESL textbooks: a step towards systematic textbooks evaluation. TESL Journal Vol. VIII, No.2.
Crowther, J. R. (1995). Theory and Practice. New Jersey: Humana Press
Garinger, D. (2001). Textbook evaluation” dalam TEFL Web Journal
Hamid, Darmadi. (2014). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta.
Isjoni. (2007). Pembelajaran sejarah. Bandung: Alfabeta
Kasmadi, H. (1996). Model-model dalam pengajaran sejarah. Semarang: IKIP Semarang Press.
Kochhar, S.K. (2008). Pembelajaran sejarah teaching of history. Jakarta: Grasindo.
Lamie, J. M. (1999). Making the textbook more communicative. The Internal TESL Journal, 5(1)
Moses, Melmambessy. (2012).Analisis pengaruh pendidikan, pelatihan, dan pengalaman kerja terhadap produktivitas kerja pegawai dinas pertambangan dan energi Provinsi Papua" . Media Riset Bisnis & Manajemen 12 (1), hlm.18-36.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um081v1i12021p18-25
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Historiography: Journal of Indonesian History and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Historiography: Journal of Indonesian History and Education is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JOIN Indexed By: