Pendidikan Kristen & Pembaratan: Kajian Terhadap Pendidikan Misi Protestan di Minahasa, 1830 - 1916.
Abstract
Sejarah kekristenan di Minahasa berkelindan dengan kolonialisme. Tetapi kolonialisme bukan hanya mempengaruhi perkara sosial politik dalam masyarakat Minahasa, tetapi juga sistem pendidikan dan sekolah-sekolah yang terdapat di Minahasa. Sejarah pendidikan Minahasa begitu lekat kaitannya dengan kegiatan Serikat Misionaris Belanda atau Nederlandsch Zendeling Genootschap (NZG). Pelaksanaan program, sistem, dan praktik pendidikan yang di Minahasa banyak dilakukan dan dirintis oleh NZG, terutama dalam era 1830 - 1918. Lebih jauh lagi, NZG juga menjadi penyokong pendidikan ala Barat di Minahasa dengan menyediakan berbagai sarana hingga sumbangan pendidikan. Sehingga kita bisa melihat bagaimana pendidikan ala Barat dan dukungan NZG beririsan dengan berbagai dinamika politik Hindia Belanda. Melalui penelitian sejarah, artikel ini mengkaji relasi pendidikan ala Barat dengan dinamika politik Hindia Belanda dalam masyarakat Minahasa. Artikel ini menawarkan eksplanasi dan refleksi khususnya mengenai pendidikan misi di Minahasa dalam relasinya dengan kolonialisme, sistem pendidikan ala Barat, sumbangan pendidikan, hingga pengaruh pendidikan tersebut bagi masyarakat Minahasa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Garraghan, G J. (1957). Guide to historical method. New York: Fordham University Press.
Indra, Ichwei. G. (2007). Jejak juang saksi injil: sejarah gereja umum dan sejarah gereja Indonesia. Surabaya: Penerbit Mikhael.
Kuntowijoyo. (2004). Pengantar ilmu sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Lombard, Denys. (1993). Nusa Jawa silang budaya: batas-batas pembaratan. Jakarta: Gramedia.
Lauterboom, M. (2019). Dekolonisasi pendidikan agama Kristen di Indonesia. Indonesian Journal of Theology 7(1), 88 - 110.
Syahruddin & Susanto, H. (2019). Sejarah pendidikan Indonesia: dari pra-kolonialisme Nusantara sampai reformasi. Universitas Lambung Mangkurat.
Steenbrink, K dan Aritonang, J.S. (2008). A History of Christianity in Indonesia. Leiden: Brill.
The Neo-Calvinism Research Institute (1913). Circulaire betreffende subsidiering van bijzonder onderwijs in Nederlandsch Indië, inv.nr. 249-4, retrieved from
The Neo-Calvinism Research Institute. (1913). Nota betreffende subsidiering van bijzonder onderwijs in Nederlandsch Indië, inv.nr. 249-3, retrieved from
Watuseke. F.S. (1995). Sejarah pekabaran Injil di Minahasa 1831-1942. Jurnal Antropologi, 51, 15 - 34.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um081v1i42021p396-404
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Historiography: Journal of Indonesian History and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Historiography: Journal of Indonesian History and Education is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JOIN Indexed By: