Hubungan manusia dan lingkungan: analisis isi buku teks sejarah kelas XI SMA kurikulum 2013
Abstract
Humans and the environment interact and influence each other, but they are still rarely studied in history learning in schools. This article aims to analyze the relationship between humans and the environment narrated in history textbooks for class XI Senior High School Curriculum 2013. This study uses content analysis method with data sources from Indonesian history textbooks and history textbooks (specialization in social sciences) class XI. Historical materials that discuss environmental themes in history textbooks for class XI can be used and developed again as learning materials that are contextual and relevant to current issues. History learning with environmental topics is expected to develop the character of caring for the environment and make history learning more meaningful and useful for students in the present context.
Manusia dan lingkungan saling berinteraksi dan mempengaruhi, namun masih jarang dikaji dalam pembelajaran sejarah di sekolah. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis hubungan manusia dan lingkungan yang dinarasikan dalam buku teks sejarah kelas XI SMA Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan sumber data buku teks sejarah Indonesia dan buku teks sejarah (peminatan ilmu-ilmu sosial) kelas XI. Materi sejarah yang membahas tema lingkungan dalam buku teks sejarah kelas XI dapat digunakan dan dikembangkan lagi sebagai materi pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan isu terkini. Pembelajaran sejarah yang dengan topik lingkungan diharapkan dapat mengembangkan karakter peduli lingkungan serta menjadikan pembelajaran sejarah menjadi lebih bermakna dan berguna bagi peserta didik dalam konteks kekinian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, T.A. (2013). Pembelajaran sejarah berwawasan lingkungan. Indonesian journal of conservation, 2(1), 74-83.
Boomgaard, P. (1997). Introducing environmental histories of Indonesia. dalam Boomgaard, P., Colombijn, F., & Henley, D. (ed). PAPER LANSCAPES: Exploration in the Environmental History of Indonesia. KITLV. Leiden.
Budiono, H. & Awaludin, A.F. (2017). Perkembangan historiografi buku teks sejarah di indonesia masa orde baru hingga reformasi. Efektor, 4(2), 36-43.
Department of History The University of Chicago. (tt). Environmental history retrivied from
Diamond, J. (2017) dalam bukunya Collapse: runtuhnya peradaban-peradaban dunia. Kepustakaan Populer Gramedia (KPG). Jakarta.
Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar untuk penelitian ilmu komunikasi dan ilmu-ilmu sosial lainnya. Kencana/Prenadamedia Group. Jakarta.
Hasan, S.H. (2014). Pendidikan karakter dalam pendidikan sejarah kurikulum 2013. dalam Agung, D.A.G., dkk. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Sejarah di Tengah Perubahan. FIS UM. Malang.
Hasan, S.H. (2019). Pendidikan sejarah untuk kehidupan abad ke 21. HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(2), 61-72.
Hermana, H.G. (2017). Green history dalam buku teks sejarah. HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(1): 35-41.
Kurniawan, M.D. & Suwirta, A. (2016). Ideologisasi konsep reformasi dalam historiografi buku teks pelajaran sejarah di sekolah. Mimbar Pendidikan Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan, 1(1), 55-68.
Latief, J.A. (2001). Manusia dan sejarah. Tandulako University Press. Palu.
Margana, S. (2017). Pengantar Editor. dalam Margana, S., Baha’uddin, & Faisol, A. (ed). Kapita selecta (pendidikan) sejarah Indonesia. Ombak. Yogyakarta.
Mulyana, A. (2009). Pendekatan historiografi dalam memahami buku teks pelajaran sejarah. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional “Mendekonstruksi Permasalahan Pembelajaran Sejarah di Sekolah”. Jurusan P. Sejarah FPIPS UPI pada 19 Oktober 2009.
Mulyana, A. (2013). Nasionalisme dan militerisme: ideologisasi historiografi buku teks pelajaran sejarah SMA. Paramita, 23(1), 78-87.
Muslich, M. (2010). Text book writing: dasar-dasar pemahaman, penulisan, dan pemakaian buku teks. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.
Purwanta, H., Santosa, H.H., & Haryono, A. (2015). Wacana identitas nasional pada buku teks pelajaran sejarah di Inggris dan Indonesia: Kajian Komparatif. Patrawidya, 16(3), 345-362.
Ratmelia, Y. (2018). Nilai moral dalam buku teks pelajaran sejarah (analisis terhadap buku teks sejarah Indonesia kelas X). HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 1(2): 115-121.
Ridhoi, R. (2019). Tema baru historiografi bagi pembelajaran sejarah tingkat SMA/SMK di Jawa Timur. Abad Jurnal Sejarah, 3(1), 18-29.
Sapto, A., Ayundasari, L., Ridhoi, R., & Khakim, M.N.L. (2019). Pengembangan kajian sejarah tematik sebagai alternatif bahan ajar sejarah tingkat menengah atas di Blitar. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS), 13-18.
Sardiman AM & Lestariningsih, A.D. (2017a). Sejarah Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI semester 1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Jakarta.
Sardiman AM & Lestariningsih, A.D. (2017b). Sejarah Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI semester 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Jakarta.
Sawitri, I. (2016). Sejarah peminatan ilmu-ilmu sosial SMA/MA Kelas XI. CV Mediatama. Surakarta.
Sjamsuddin, H. (1998). Penulisan buku teks sejarah: kriteria dan permasalahannya. Simposium Pengajaran Sejarah (kumpulan makalah diskusi). Depdikbud RI. Jakarta.
Supriatna, N. (2014). Green history dalam kurikulum 2013: belajar dari pengalaman historis hubungan manusia dengan alam. dalam Agung, D.A.G., dkk. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Sejarah di Tengah Perubahan. FIS UM. Malang
Supriatna, N. (2017). Ecopedagogy dan green history dalam pembelajaran sejarah. (http://sejarah.upi.edu/artikel/dosen/ecopedagogy-dan-green-curriculum-dalam-pembelajaran-sejarah/), diakses 5 Juli 2021.
Utami, I.W.P. (2014). Representasi ideologi negara dalam buku teks sejarah. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 1-18.
Wiryono. (2013). Pengantar ilmu lingkungan. Bengkulu: Pertelon Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um081v1i32021p259-274
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Historiography: Journal of Indonesian History and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Historiography: Journal of Indonesian History and Education is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JOIN Indexed By: